Dikes Lombok Timur Terus Lakukan Pembenahan Sistem Layanan - www.okenews.net

Selasa, 29 Agustus 2023

Dikes Lombok Timur Terus Lakukan Pembenahan Sistem Layanan

Dr. H. Pathurrahman
Okenews.net - Dinas Kesehatan (Dikes) Lombok Timur terus melakukan pemantauan dan pembenahan pada sistem layanan di tiap Fasilitas Kesehatan (Faskes). Hal ini untuk memastikan tidak ada lagi idiom perbedaan perlakuan pasien BPJS dan umum di tiap Faskes.

Salah satu langkah yang dilakukan Dikes Lotim adalah menyediakan layanan bagi ibu hamil (bumil) dengan pemberdayaan kader posyandu. Melalui kerjasama dengan pihak desa, bumil dapat dipantau sejak kehamilan pertama.

Kepala Dikes Lombok Timur Pathurrahman menjelaskan kader di desa bertugas untuk memastikan layanan kesehatan bumil jauh-jauh hari sebelum melahirkan di tempat pelayanannnya.

"Kita minta supaya dijelaskan layanan jaminan kesehatannya apa. Sehingga agar tidak ada yang sibuk mengurus kelahiran di masa persalinan," jelasnya, Senin (28/8/2023).

Salah satu faktor yang membuat bumil enggan ke faskes karena kekhawatiran biaya persalinan. Sementara, kartu JKN tidak serta merta dapat digunakan pada saat batu mendaftar.

Karena itu, perlu jeda waktu 14 hari hingga kartu peserta BPJS Kesehatan aktif dan dapat dimanfaatkan oleh para penggunanya.

"Kartu kan tidak bisa langsung jadi. Ini langkah yang kita lakukan untuk mengatasi permasalahan lebih awal," tutupnya.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments