Wakili NTB di KSM Nasional, Naufal Siswa MAN 1 Lotim Raih Juara - www.okenews.net

Jumat, 08 September 2023

Wakili NTB di KSM Nasional, Naufal Siswa MAN 1 Lotim Raih Juara

Okenews.net - Siswa MAN 1 Lombok Timur atas nama Lalu M. Naufal Arrasyid kelas XII IPA telah berhasil meraih prestasi membanggakan yang  mengharumkan nama madrasah dan daerah NTB dengan meraih juara 3 dalam Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Bidang Ekonomi yang berlangsung di Kendari, Sulawesi Tenggara. 

"Kompetisi sains paling bergengsi di kementerian agama ini berlangsung selama lima hari, mulai dari tanggal 3 hingga 7 September 2023 dengan melombakan kompetisi bidang MIPA dan IPS dari jenjang MI/SD, MTS/SMP dan SMA/MA," kata Kepala MAN 1 Lombok Timur, M. Nurul Wathoni, Jumat (10/09/2023). 

Acara pembukaan lomba dihadiri oleh Wakil Menteri Agama, Ibu Menag, Sekjen Kemenag RI, Gubernur Sultra  dan juga pejabat kemenag lainnya serta Forkopimda Sultra dan juga ribuan peserta serta undangan lainnya yang berlansung di balai kota Kendari. 

KSM tahun ini termasuk KSM bidang Ekonomi diikuti oleh peserta dari berbagai madrasah dan sekolah terbaik yang menjadi jawara dan wakil dari provinsi masing-masing di seluruh Indonesia yang telah diseleksi secara berjenjang mulai dari tingkat satuan pendidikan, tingkat kabupaten/kota, provinsi dan lanjut ke nasional. 

"Hal itu untuk mengukur kemampuan mereka dalam bidang sains yang diintegrasikan dengan pengetahuan keagamaan. Khusus pada kompetisi bidang ekonomi, dirancang untuk mengintegrasikan pemahaman ekonomi dengan nilai-nilai Qur'an dan Hadits," jelasnya.

Tahapan lomba KSM Bidang Ekonomi terdiri dari dua bagian utama. Tahap pertama adalah menjawab 30 soal pilihan ganda yang terintegrasi dengan al-Qur'an dan Hadits. Siswa-siswa peserta diuji tentang pemahaman ekonomi dalam konteks agama Islam. 

Tahap kedua, kata Wathoni peserta diuji dengan menjawab 30 soal esai  yang menguji kemampuan mereka dalam eksplorasi konsep ekonomi yang juga diintegrasikan dengan al-Quran dan Hadist.

Disebutkan, Naufal Arrasyid berhasil menunjukkan keunggulan dalam menggabungkan pengetahuan ekonomi dengan nilai-nilai keagamaan. Kemenangan ini merupakan buah dari kerja keras dan dedikasi tinggi yang telah dia tunjukkan selama proses persiapan.

Kepala Madrasah MAN 1 Lombok Timur, M. Nurul Wathoni, menyatakan rasa bangga atas prestasi yang diraih oleh Naufal. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada pelatih M. Zakaria yang telah membimbing dan mempersiapkan Naufal dengan baik.

Prestasi Naufal dalam KSM Bidang Ekonomi juga mendapatkan apresiasi dan dukungan dari Kakanwil Kementerian Agama (Kemenag) NTB, H. Zamroni Aziz, serta dukungan dari Kabid Penmad H. Muh Amin. Komitmen tim subkor kurikulum Penmad Kemenag NTB, yang dipimpin oleh H. Jalaluddin, juga turut berperan dalam mendukung prestasi unggul ini.

"Prestasi Naufal Arrasyid adalah contoh gemilang dari potensi para siswa di MAN 1 Lombok Timur dan juga menjadi inspirasi bagi generasi muda lainnya untuk terus berusaha dan berprestasi dalam bidang akademik, terutama dalam konteks ekonomi yang berlandaskan nilai-nilai keagamaan," tutur Wathoni.

Ia juga tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada Kakanwil Kementerian Agama (Kemenag) NTB, H. Zamroni Aziz, Kabid Penmad H. Muh Amin, dan tim subkor kurikulum Penmad Kemenag NTB, H. Jalaluddin yang telah banyak mensuport siswa madrasah untuk berkompetisi dan berprestasi.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments