Mahasiswa PMM UMM Gelar Sosialisasi Pentingnya Budaya Menabung Sejak Dini - www.okenews.net

Selasa, 13 Februari 2024

Mahasiswa PMM UMM Gelar Sosialisasi Pentingnya Budaya Menabung Sejak Dini

Pemberian materi sekaligus ice breaking oleh mahasiswa UMM kepada anak-naak TK Al Ghaffar

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) merupakan salah satu agenda wajib yang harus dilakukan oleh seluruh mahasiswa aktif sebagai wujud pengaplikasian tridarma perguruan tinggi yang harus bermanfaat bagi masyarakat. Guna mewujudkan tridarma perguruan tinggi pada hari Senin, 29 Januari 2024 yang lalu kami lima mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang yang terdiri dari Prodi Ilmu Hukum dan Prodi Manajemen melakukan sosialisasi kepada anak-anak di TK Al Ghaffar.

 

Adapun materi yang disampaikan pada kegiatan PMM kali ini ialah mengenai urgensi menabung sejak dini kepada anak-anak di TK Al Ghaffar. Tujuan dari adanya sosialisasi mengenai pentingnya menabung bertujuan menanamkan kesadaran dan kebiasaan kepada setiap orang mengenai pengelolaan uang yang baik guna mendapatkan kestabilan finansial di masa depan.

Karena peserta sosialisasi kali ini merupakan anak-anak yang masih berusia 4-5 tahun maka tentunya kami juga menyesuaikan gara penyampaian materinya, yaitu dengan menggunakan metode bermain dan bercerita. Metode bermain adalah salah satu cara mendidik anak melalui berbagai kegiatan bermain seperti bermain peran sebagai seorang banker dan customer yang hendak menabung di bank dengan alat dan latar yang mirip dengan suasana di bank asli. 

Cara ini sangat disukai anak karena menimbulkan perasaan senang, selain itu juga terdapat manfaat lainnya diantaranya seperti berkembangnya motorik, bergaul dengan teman, penyaluran energi, perkembangan fisik, dll. Sedangkan, metode bercerita adalah cara mendidik melalui kegiatan membacakan cerita atau dongeng yang disukai anak. 

Cara ini sangat baik untuk meningkatkan imajinasi dan kreativitas anak. Umumnya dengan metode bercerita anak akan belajar dari dongeng yang telah disampaikan misalnya mengenai pesan tersirat yang hendak disampaikan atau terkandung dalam suatu cerita atau dongeng.

Pendampingan praktik pembuatan celengan dari kardus oleh anak-anak TK Al Ghaffar

Terakhir kami juga berinisiatif untuk mengajari anak-anak membuat celengan sederhana dari kardus yang dihias, dimana tujuannya ialah agar setiap anak di TK Al Ghaffar memiliki celengan yang nantinya dapat dibawa pulang dan digunakan untuk mereka menabung masing-masing dirumahnya, sehingga materi yang disampaikan hari ini tidak hanya menjadi teori belakang saja melainkan dapat dipraktikkan secara berkelanjutan oleh anak-anak.

Melalui gaya penyampaian materi tentang pentingnya menabung dengan cara bermain dan bercerita kepada anak-anak TK Al Ghaffar dinilai sesuai. Sehingga, dapat menciptakan antusiasme dari anak-anak dan memberikan pemahaman yang maksimal mengenai pentingnya menabung.

Tidak lupa anak-anak TK Al Ghaffar juga memberikan kesan pesan seperti yang disampaikan oleh Kirana Aurella “Terimakasih sama kakak-kakak semua telah mengajarkan kita mengenai pentingnya menabung kepada kami semoga dilain kesempatan kita dapat bertemu kembali”.

Kelancaran kegiatan ini juga tidak lepas dari dukungan serta kesempatan yang diberikan oleh pihak TK Al Ghaffar. Maka dari itu, tidak lupa ucapan terima kasih kepada pihak TK Al Ghaffar yang telah mendukung serta memberikan kesempatan untuk diselenggarakannya kegiatan ini. Dengan diadakan kegiatan ini, diharapkan dapat memberikan salah satu manfaat bagi masyarakat terkhususkan kepada anak-anak mengenai urgensi menabung sejak dini. (Gelombang 32, Kelompk 13).

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments