Lapas Kelas IIB Selong Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila - www.okenews.net

Sabtu, 01 Juni 2024

Lapas Kelas IIB Selong Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila

 

Upacara Hari Lahir Pancasila lapas kelas IIB Selong
Okenews.net-- Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Selong Kanwil Kemenkumham NTB Ahmad Sihabudin bersama jajaran merayakan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 dengan menggelar upacara bendera, mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah nusantara sebagai simbol untuk menghargai dan menghormati kebhinekaan budaya yang ada di Indonesia meliputi perbedaan agama, suku, ras dan etnis, Sabtu (01/06/2024).

Dalam rangka memperingati momen bersejarah ini, Lapas Kelas IIB Selong juga melibatkan warga binaan sebagai peserta upacara, hal ini untuk menanamkan pada jiwa mereka tentang pentingnya penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dalam sambutannya, Ahmad Sihabudin selaku Inspektur upacara menyampaikan amanat dari ketua BPIP RI yang menekankan pentingnya Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa yang harus terus dijaga dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

"Dengan semangat Pancasila yang kuat, saya yakin seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia dapat teratasi. Terlebih, di tengah krisis global yang terjadi, Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik. Keberhasilan tersebut tentu merupakan sumbangsih gotong royong seluruh anak bangsa dengan ideologi Pancasila sebagai fondasi dasarnya. Kita juga patut bersyukur dan bangga bahwa bangsa Indonesia telah terbukti menjadi bangsa yang dewasa, dewasa dalam berdemokrasi, berbangsa, dan bernegara. Kita harus bersyukur dan berbangga telah melewati Pemilihan Umum yang demokratis secara aman dan damai demi tegaknya kedaulatan rakyat, konstitusi serta persatuan dan kesatuan bangsa.," ujar beliau.

Upacara Hari Lahir Pancasila ini juga menjadi momen refleksi bagi seluruh peserta mengenai nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila. Selain itu, acara ini juga memperkuat rasa kebersamaan dan kebanggaan akan keragaman budaya yang ada di Indonesia.

Melalui peringatan Hari Lahir Pancasila ini, Kalapas Selong, Ahmad Sihabudin berharap seluruh Petugas dan warga binaan dapat semakin memperkokoh rasa cinta tanah air dan menjadikan nilai-nilai Pancasila sebagai panduan dalam kehidupan sehari-hari.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments