Jelang Hut RI ke-75, Dispora Lotim Siapkan Paskibraka - OKENEWS.NET | PT Bintang Mediaoke Pratama. All rights reserved

Breaking

Halaman

Senin, 06 Juli 2020

Jelang Hut RI ke-75, Dispora Lotim Siapkan Paskibraka

OkeNews.net - Menjelang peringatan hari ulang tahun (Hut) kemerdekaan RI ke-75, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Lombok Timur, NTB saat ini sedang menyiapkan pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) yang akan bertugas pada upacara peringatan kemerdekaan 17 Agustus 2020.

Kepala Bidang (Kabid) Kepemudaan, Saiful Wathon mengatakan, pasukan pengibar bendera diambil dari siswa-siswi SMA, SMK, dan MA yang ada di kabupaten Lombok Timur. Mereka akan diberikan pelatihan dan pembinaan secara khusus.

Dijelaskan, kegiatan tersebut dipandu langsung oleh pelatih yang berkompeten di bidang tata upacara bendera peraturan baris berbaris dari Polri, TNI, dan purna Paskibraka Indonesia serta pramuka.

Pelatihan dan pembinaan calon Paskibraka bertujuan untuk menanamkan jiwa dan sanubari mereka akan kecintaan dan patriotisme kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) serta pembentukan kedisiplinan.

"Peserta yang dilatih sebanyak 17 siswa, plus 1 orang sebagai persiapan. Mereka dilatih kedisiplinan, sekaligus membentuk karakter yang tangguh, yang dapat memberikan manfaat bagi mereka sendiri dalam menempuh masa depan," ungkap Saiful, Senin (06/07/2020).

Siswa yang ikut pelatihan ini, ujarnya, merupakan generasi muda yang terpilih dari seleksi calon Paskibraka mulai dari sekolah hingga terpilih di tingkat kabupaten. Mereka terpilih setelah memenuhi kualifikasi, baik fisik maupun peniliaian akademis.

"Kegiatan ini merupakan aktifitas rutin Bidang Kepemudaan setiap tahun, untuk menyiapkan Paskibraka yang akan bertugas pada upacara peringatan HUT ke-75 RI, 17 Agustus 2020 mendatang," imbuhnya.

Saiful Waton berharap kepada semua pasukan Paskibraka Kabupaten Lombok Timur agar tetap menjaga kedisiplinan, terus bersungguh-sungguh, karena tidak semua orang yang bisa menjadi Paskibraka.

Jurnalis: RAHMAN | Editor: AM. ALIYA