Lentera Literasi Nusantara Siap Berkontribusi untuk Bangsa - www.okenews.net | selalu oke di hati | All rights reserved

Breaking

Halaman

Sabtu, 22 Agustus 2020

Lentera Literasi Nusantara Siap Berkontribusi untuk Bangsa

OkeNews.net - Untuk menjawab berbagai tantangan dan dinamika kekinian, terutama dalam konteks keilmuan, para akademisi dan pakar dibidangnya melakukan terobosan dengan membentuk kelompok kajian dan diskusi.

Pendiri Lentera Literasi Nusantara, HM. Jamaluddin


Pendiri Lembaga Lentera Literasi Nusantara (Lentera), HM. Jamaluddin mengatakan, hadirnya Lentera di tengah kemajuan zaman yang penuh tantangan ini dihajatkan untuk membuka ruang diskusi dan kajian guna memberikan kontribusi kepada kehidupan berbangsa dan bernegara.


"Lentera akan membentuk kelompok kajian ilmiah untuk penelitian dan pengabdian masyarakat," jelas adik kandung TGB Zainul Majdi itu dalam rilisnya, Sabtu (22/08/2020).


Kajian yang bakal dilakukan jelasnya, adalah melakukan kajian pada berbagai isu di bidang agama, pendidikan, iptek, sosial dan budaya dengan tujuan meningkatkan wawasan dan memberikan pencerahan pada masyarakat.


Selian itu, membantu terciptanya iklim dan budaya meneliti pada peneliti dari berbagai tingkatan dengan melakukan pelatihan berbagai metodologi penelitian.


Saat ini ia melihat, peningkatan budaya literasi pada masyarakat dengan mengkampanyekan tersedianya bahan literasi yang memadai dan informasi yang dapat dijangkau semua pihak sangat penting.


Oleh sebab itu, kerja sama dengan semua pihak menjadi sagat penting. "Pemerintah, swasta atau kembaga lain, baik di dalam dan luar negeri untuk pengembangan kajian-kajian ilmiah dan strategis harus dibangun," jelas kandidat doktor itu.


Ditegaskan pula, pelatihan dan pemberdayaan sumberdaya manusia saat ini harus terus ditingkatkan. Ia melihat potensi dan bakat generasi bangsa saat ini belum banyak dieksplorasi. Oleh sebab itu, melakukan pelatihan dan pengembangan bakat agan menjadi tenaga profesional harus dilakukan.


Ia juga melihat, pelatihan bagi para peminat literasi untuk mengembangkan bakat menulis dan menciptakan karya tulisan yang profesional agar mampu menjadi rujukan bakal dilakukan Lentera.


"Lentera juga akan membantu tersedianya bahan bacaan dan akses konten literasi bagi masyarakat yang membutuhkan," paparnya, seraya menegaskan, akan menjalin kerjasama dengan penerbit buku untuk menerbitkan buku yang dihasilkan dari hasil kajian ilmiah yang dilakukan lembaga atau karya pihak lain yang ingin diterbitkan.



Selain itu, Lentera juga bakal membentuk kelompok media untuk menyebarkan informasi-informasi faktual dan edukasional yang kompeten dan dapat dipercaya. 


"Menciptakan konten-konten multimedia yang bermanfaat untuk masyarakat umum akan kami lakukan. Kami juga akan bekerjasama dengan pemerintah, swasta dan lembaga dalam maupun luar negeri untuk membantu tersedianya informasi yang akurat, faktual dan terpercaya," pungkasnya.