Hebat...! Marching Band MAN 1 Lotim Wakili NTB di Asian Virtual Championships 2020 - Okenews.net | PT Bintang Mediaoke Pratama. All rights reserved

Breaking

Halaman

Jumat, 25 September 2020

Hebat...! Marching Band MAN 1 Lotim Wakili NTB di Asian Virtual Championships 2020

OkeNews.net - Siswa MAN 1 Lombok Timur (Lotim) NTB kembali menunjukkan prestasinya dan mewakili NTB ke ajang nasional. Kali ini mereka menunjukkan lewat lomba marchingband tingkat nasional yakni Asian Virtual Championships 2020 untuk kategori lomba Divisi Senior Brass, dan Divisi Senior Perkusi yang akan berlangsung Sabtu (26/09/2020).



Kepala MAN 1 Lotim, M. Nurul Wathoni mengatakan, lomba yang dilakukan secara virtual itu melibatkan 20-an tim dari siswa yang sudah melakukan persiapan dan seleksi awal selama 1 bulan lebih untuk bisa mengikuti event nasional tersebut. 


"Lomba ini merupakan momen penting bagi tim marching band MAN 1 Lotim untuk menapaki event lomba tingkat nasional karena sudah tiga kali meraih juara lomba marching band di tingkat provinsi NTB yang dilaksanakan oleh perguruan tinggi di Mataram," ujar Wathon, Jumat (25/09/2020) di Selong.


Berangkat dari prestasi situ, kata Wathoni, siswa-siswi MAN 1 Lotim menjadikannya sebagai modal untuk melaju ke jenjang yang lebih tinggi lagi. "Karena prestasi siswa tidak boleh stagnan di satu level saja tapi harus dipacu dan diberikan suport serta ruang untuk melakukan peningkatan prestasi sebagai langkah mewujudkan madrasah hebat bermartabat," kata Wathoni.


Pembina Marching band MAN 1 Lotim, M. Ripa'i didampingi M. Sayuti selaku pelatih utama mengungkapkan, prestasi tim marching band MAN 1 Lotim harus terus menerus dikhtiarkan dengan rajin berlatih dan mengikuti lomba-lomba yang rutin dilaksanakan.


Hal ini menurutnya, bukan semata-mata untuk memgejar juara tapi dalam rangka mengasah kemampuan dan semangat siswa dalam bersaing sehat. "Bagi kami juara itu hanya bonus dari semangat dan kerja keras bersama tim sehingga dengan prinsip ini, tim kami tidak punya beban terlebih pihak madrasah selalu memberikan suport tanpa membebani kami dengan target tinggi. Terpenting kami dituntut untuk disiplin dalam latihan dan lomba dengan sungguh-sungguh," ujarnya.

 

Sementara, Kakanmenag Lotim, Drs. H. Azharuddin menyatakan apresiasinya pada prestasi siswa MAN 1 Lotim yang terus terukir walaupun masa pandemi. "Ini patut dicontoh oleh madrasah lainnya di NTB, khususnya Lombok Timur," ucapnya.


Namun demikian, saat melakukan latihan tidak mengabaikan protokol kesehatan, karena saat ini bangsa di seluruh dunia sedang dilanda pandemi. "Jadi silahkan latihan untuk lomba, asal lomba dan latihannya disiplin pada protokol kesehatan yang sudah ditentukan dan jumlahnya terbatas," pesannya pada Tim MAN 1 Lotim saat monitoring pelaksanaan belajar daring ke MAN 1 Lotim. 


Uswatun Hasanah, selaku Ketua Tim Marchinband MAN 1 Lotim mengungkapkan rasa syukur dan bangganya pada capaian prestasi madrasahnya yang tidak hanya pada bidang akademik, namun juga pada bidang non akademik seperti marching band ini.


Disebutkan, berbagai prestasi yang diraih MAN 1 Lotim selama tidak lepas dari didorong dan disuport untuk berlatih dan berlomba sehingga hal itu yang menjadi semangat siswa untuk meraih prestasi terbaik bagi madrasah. 


Namun demikian, ia juga berharap kepada semua pihak untuk mendapatkan dukungan. "Kami berharap dukungan dan doa dari teman-teman madrasah di NTB agar kami bisa meraih hasil terbaik dan bisa membawa harum nama madrasah dan daerah," kata siswi yang baru kelas XI di MAN 1 Lotim itu.