Tingkatkan Kapasitas, Pendamping Desa Ikuti Bimtek - Okenews.net | PT Bintang Mediaoke Pratama. All rights reserved

Breaking

Halaman

Kamis, 03 September 2020

Tingkatkan Kapasitas, Pendamping Desa Ikuti Bimtek

OkeNews.net - Tenaga ahli program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa (P3MD) menggelar bimbingan teknis (Bimtek) tentang penyusunan rencana kerja pemerintah desa (RKPDes) 2021 di aula Kantor Desa Selebung Kecamatan Keruak Lombok Timur, Kamis (03/09/2020).



Kegiatan ini diikuti seluruh pendamping desa pemberdayaan, pendamping desa teknik infrastruktur, dan pendamping lokal sebanyak 24 orang pendamping dan sejumlah pihak dari 3 kecamatan yakni Keruak, Jerowaru, dan Sakra Barat yang masuk dalam klaster 3 guna meningkatkan kapasitasnya.


Sekcam Keruak, H. Mustiarep dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan ini merujuk pada Permendagri No. 114 tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Desa dan Panduan Fasilitasi Penyusunan RKPDes.


Disebutkan, kegiatan ini menjadi penting karena beberapa hal. Di antaranya pemerintah desa akan menyusun RKPDes sehingga desa perlu dibimbing agar prosesnya berkualitas dan dipastikan proses penyusunan RKPDes rerukur dan terarah mengacu pada pedoman.


"Proses perencanaan pembanguan desa menjadi hal penting yang harus dilaksanakan oleh pemerintah desa setiap tahun dengan melibatkan semua pemangku kepentingan di desa agar semua proses perencanaan di desa dapat berjalan baik, lancar, dan sesuai dengan regulasi yang berlaku," ucapnya.


Sementara itu, Tenaga Ahli Pengembangan Ekonomi Desa sekaligus narasumber, M.Hamdani memberikan pemaparan secara gamblang tentang proses dan mekanisme penyusunan perencanaan pemerintah desa.


Selain itu, Hamdani menyebutkan, saat ini Pemerintah Kabupaten Lombok Timur menjadikan isu stunting sebagai program prioritas. Oleh sebab itu, ia berharap hal itu hendaknya menjadi tanggung jawab bersama dalam pencegahan stunting di tingkat desa. 


"Prosesnya perlu terintegrasi dengan proses perencanaan desa," tegasnya seraya berharap kepada tim kecamatan dan pendamping desa memahami dan terampil dalam memfasilitasi proses penyusunan RKPDes.


Koordinator Pendampingan Kecamatan Keruak, Fitriah menekankan pentingnya proses perencanaan pembangunan desa berdasarkan data yang baik serta kebutuhan desa, sehingga mendapatkan masukan-masukan langsung dari tingkat kecamatan dan desa. 


Ia berharap melalui kegiatan ini tidak ada lagi kesan pemerintah kecamatan “terpisah” dengan pemerintahan desa. Ia juga yakin kalau penyusunan RKPDes mengacu pada data yang baik, maka permasalahan di desa dapat diselesaikan secara baik dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.


#Jurnalis: FARID MA'RUF| Editor: AM. ALIYA