Bukit Anak Dara Kebakaran, Ini Penjelasan Kabid Kedaruratan - www.okenews.net

Jumat, 13 November 2020

Bukit Anak Dara Kebakaran, Ini Penjelasan Kabid Kedaruratan

OkeNew.net Upaya pemadaman api yang membakar lahan di Bukit Anak Dara yang terletak di Dusun Lebak, Desa Sembalun Lawang, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur (Lotim) yang terbakar sekitar pukul 14.00 Wita, Jum’at (13/11/2020) belum berhasil, karena sejumlah pihak mengalami kesulitan untuk menjakau lokasi kebakaran.


Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lombok Timur, Iwan Setiawan mengatakan, tim pemadam kebakaran (Damkar) dan sejumlah pihak sudah melakukan berupaya dan sekarang ini mencari cara atau solusi agar api yang meluluhlantakkan bukit Anak Dara ini segera padam.


“Kita lagi berupaya dengan serius untuk pemadaman api ini meskipun medannya sulit. Untuk pemadaman api di daerah ini tidak bisa dijangkau langsung oleh mobil, bukan kayak memadamkan rumah. Dan saat ini titik apinya sudah meluas. Meski demikian, sampai malam ini, mobil Damkar tetap disiagakan,” ujar Iwan Setiawan, Jumat (13/11/2020).


Untuk memaksimalkan upaya pemadaman agar api tidak meluas, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan pihak Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kepolisian, Balai TNGR termasul BPBD Provinsi untuk bisa memadamkan api kerena untuk memadamkan api dengan cepat dibutuhkan teknologi canggih.


“Namun teknologi itu kita belum punya. Akan tetapi sampai saat ini kami terus berupaya mencari pola yang efektif memadamkan api. Kami sudah berkoordinasi juga dengan semua pihak termasuk BPBD Provinsi dan besok kita akan turun melihat lokasi,” ujarnya.


Ia juga menegaskan, meski tim Damkar tidak mampu menjangkau namun armada dari BPBD tetap siap siaga. Kalau tidak ada solusi dengan pola yang cepat dalam memadamkan api, pihaknya akan menggunakan manual. “Kita pakai pola lama dalam memadamkan api dengan menyemprotkan secara manual karena selain belum punya teknologi, kita tetap kendaran tetap kesulitan menjangkau,” tegasnya.


Terkait dengan kemungkinan api yang akan meluas sampai ke rumah penduduk, pihaknya juga tidak bisa memastikan meski pemukiman jauh dari bukit Anak Dara. “Kita tidak bisa prediksi, karena situasi alam terutama angin yang kencang, namun karena jauh dari rumah penduduk semoga tidak terjadi,” harapnya.


Ia juga berharap ada air hujan yang turun sehingga api cepat padam. “Kami minta kepada semua warga untuk berdoa agar malam ini di wilayah Sembalun, khusunya bukit Anak Dara diturunkan hujan lebat sehingga api segera padam,” harapnya.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments