GSB: Kades Masmas Ajak Masyarakat Tingkatkan Religiusitas - OKENEWS.NET | PT Bintang Mediaoke Pratama. All rights reserved

Breaking

Halaman

Rabu, 24 Februari 2021

GSB: Kades Masmas Ajak Masyarakat Tingkatkan Religiusitas

OkeNews.net - Menciptakan masyarakat yang religius terus diupayakan Pemerintah Desa Masmas Kecamatan Batukliang Utara Lombok Tengah. Baru-baru ini, Pemerintah Desa Masmas menginisiasi program Gerakan Subuh Berjamaah (GSB). 

Kades Masmas, H Habib

Kepala Desa Masmas H. Habib menjelaskan, melalui kegiatan ini pihaknya ingin mengajak warga dapat saling mengingatkan satu sama lain dapat hal ibadah. Ia menjelaskan, sebelum solat subuh tiba warga akan berkeliling membangunkan warga lain untuk berjamaah.


Program ini kata H. Habib sudah berjalan sekitar tiga bulan. Awalnya dilakukan di dua masjid namun lama kelamaan, bisa dilakukan secara serentak di seluruh kekadusan sebagai program untuk meningkatkan religiusitas masyarakat. 


Rencananya, solat subuh juga akan dirangkaikan dengan pengajian rutin yang diisi oleh tuan guru secara berjamaah. Namun untuk pengajian, sementara baru bisa dilaksanakan hari Sabtu. Kedepan hal serupa akan diupayakan setiap hari.


“Kami berharap tidak hanya subuh. Kalau bisa lima waktu harus berjamaah. Saat waktu solat tiba kami ingin dengan kesadaran sendiri masyarakat meninggalkan segala aktifitasnya,” ungkap Habib pada wartawan, Rabu (24/02/2021).


Lebih lanjut Kades menjelaskan, gerakan ini tidah sekadar tentang agama dan ibadah semata, tapi juga dalam rangka menjaga kondusifitas wilayah, termasuk meningkatakan ekonomi warga. 


Karena bagaimanapun juga sesuai tuntunan Islam, meningkatkan ekonomi tidak sekadar fokus pada usaha fisik, tapi juga melalui ikhtiar dan pendekatan spiritual.  


“ Kalau ibadahn rajin, pemikiran kita akan terbuka. Tentunya akan memudahkan kita dalam menjalankan berbagai usaha,” jelasnya. 


Untuk itu pria yang berpenapilan ala jamaah tabligh tersebut mengajak masyarakat ikut mensukseskan progra tersebut, demi tercapainya masyarakat yang religius dan sejahtera. 


Sementara itu beberapa warga yang dimintai tanggapannya, mengapresiasi trobosan tersebut. Mereka berharap program ini bisa terus dijalankan, bahkan bisa menjadi contoh bagi desa desa lain di Lombok Tengah. 


#Jurnalis: Darwis | Editor: Am. Aliya