Jaga Kesehatan, Warga Lapas Selong Dibagikan Jamu - Okenews.net | PT Bintang Mediaoke Pratama. All rights reserved

Breaking

Halaman

Jumat, 19 Februari 2021

Jaga Kesehatan, Warga Lapas Selong Dibagikan Jamu

OkeNews.net - Pandemi covid-19 yang sampai saat ini masih saja mengganas membuat para pihak terus menjaga dan tetap menjalankan protokol kesehatan termasuk Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Selong Kabupaten Lombok Timur Provinsi NTB.

Warga Lapas Selong bagikan jamu jahe merah

Sebagai salah satu ikhtiar menjaga kesehatan, masyarakat juga dianjurkan memanfaatan obat tradisional untuk pencegahan penyakit, dan perawatan kesehatan termasuk saat pandemi covid-19, hari ini Jumat (09/02/2021), Lapas Selong membagikan jamu jahe merah hangat kepada petugas dan warga binaan Lapas sebanyak 304 orang.


Kepala Seksi Bimbingan Narapidana/Anak Didik dan Kegiatan Kerja (Binadik dan Giatja) yang juga pelaksana harian Kalapas Selong Nasruddin mengatakan, kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk ikhtiar dari pihak Lapas dalam menjaga kesehatan fisik dan mental warganya, terlebih di tengah pandemi covid-19 serta kondisi cuaca yang akhir-akhir ini tak menentu.


"Jamu jahe merah ini sendiri merupakan produk pengolahan hasil pertanian Lapas Selong yang bisa dirasakan manfaatnya oleh seluruh kalangan, baik anak-anak maupun orang dewasa," papar Nasrusddin saat membukan kegiatan.


Menurutnya, manfaat jahe merah tidak perlu diragukan lagi, dengan kandungan senyawa seperti shogaol, flavonoid, gingerol, zingeron, dan masih banyak lagi zat aktif yang terkandung di dalamnya yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit.


Di antaranya, meredakan gejala batuk dan sakit tenggorokan, mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh, meringankan sakit kepala, nengatasi rematik, terhindar dari risiko penyakit jantung.


Selain itu, jahe merah juga sangat baik bagi kesehatan lambung dan pencernaan, mengurangi risiko terkena radang usus, meningkatkan sistem imunitas tubuh, dan meredakan asma atau sesak napas.