Keren...! Siswa MAN 1 Lotim Singkirkan Siswa Kejuruan pada IT Competition - www.okenews.net | selalu oke di hati | All rights reserved

Breaking

Halaman

Sabtu, 03 April 2021

Keren...! Siswa MAN 1 Lotim Singkirkan Siswa Kejuruan pada IT Competition

Okenews - Siswa MAN 1 Lombok Timur terus mengikuti berbagai ajang kompetisi. Menariknya, hampir semua mata lomba yang diikuti  siswanya itu meraih juara, bahkan hampir setiap minggu. Kali ini seorang siswanya bernama M Rendi Maulana yang meraih juara di bidang Information Technology Competition (ITC) tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) .

Pengumuman dan pembagian hadiah bagi pemenang

"Rendi Maulana meraih juara 1 lomba jaringan yang diselenggarakan Fakultas Tehnik Universitas Hamzanwadi dalam ajang ITC pada tanggal 3 April 2021,"  ujar Kepala MAn 1 Lombok Timur M. Nurul Wathoni, Sabtu (03/04/2021).


Wathoni mengatakan, kompetisi merupakan momen penting untuk menguji dan mengukur kemampuan siswa sesuai kompetensi masing-masing. Jangan sampai siswa merasa punya kemampuan tapi tidak berani berkompetisi.


"Dengan mengikuti lomba, kita tahu bakat mereka. Namun bukan berarti kita membebankan mereka harus juara. Kalau juara, alhamdulillah demikian juga sebaliknya. Terpenting siswa punya pengalaman di luar," ujar Wathoni didampingi pembina Information Communication and Technology (ICT) MAN 1 Lotim, Ulanwari.


Dikatakan Wathoni, meski Rendi masih kelas X namun karena ketekunannya dalam mengikuti bimbingan ektrakurikuler ICT MAN 1 Lombok Timur, ia akhirnya mampu menyingkirkan siswa-siswa hebat dari sekolah kejuruan unggulan.


Ia mengakui, banyak sekolah hebat di NTB seperti SMK Negeri. "Ini prestasi yang luar biasa bagi kami karena secara sarana dan SDM tentu rekan-rekan dari SMK lebih unggul tapi kali ini kita dapat keberuntungan bisa meraih juara," ungkap kepala madrasah yang mendapat piagam penghargaan khusus dari Klub Olimpiade USU.


Hal ini kata dia, karena semangat siswa dan pembina yang memang tekun dalam melaksanakan bimbingan secara rutin yang ternyata membuahkan hasil membanggakan. Lomba jaringan merupakan salah satu cabang kompetisi yang menguji kemampuan analisa dan troubleshooting peserta mengenai jaringan komputer.


Selain itu, kompetisi ini menguji kemampuan peserta dalam melakukan analisis dan konfigurasi perangkat jaringan dengan standar CCNA (Cisco Certifications Network Associate) dan CCNP (Cisco Certifications Network Professional). Peserta diuji kemampuannya dalam menyelesaikan soal tantangan yang diberikan.


M Rendi Maulana,  siswa peraih juara 1 ini menyatakan kebahagiaannya pada prestasi yang sudah diraih terlebih. Ia mengaku beruntung bisa mengungguli tim-tim hebat terutama tim yang menjadi komptitor beratnya saat final yang berasal dari sekolah menengah kejuruan (SMK) negeri.  


"Prestasi ini menjadi pemacu kami untuk meningkatkan terus prestasi bagi diri dan madrasah. Terima kasih pada bapak ibu guru yang sudah maksimal memberikan bimbingan dan dukungan serta apresiasi dari madrasah pada kegiatan siswa selama ini," ungkap siswa asal Pringgabaya yang setiap hari bersekolah dengan bersepeda ini.