Hebat...! 189 Siswa MAN 1 Lotim Lulus Seleksi PTN 2021 - www.okenews.net

Kamis, 24 Juni 2021

Hebat...! 189 Siswa MAN 1 Lotim Lulus Seleksi PTN 2021

Okenews - MAN 1 Lombok Timur Provinsi NTB terus berikhtiar wujudkan madrasah hebat bermartabat yang menjadi visi Kementerian Agama. Salah satunya dengan menunjukkan prestasi dan output siswa yang sukses lulus di berbagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dengan ragam jurusan yang dikenal hebat dan kompetitif. 



Waka Kurikulum MAN 1 Lotim Mahpuz mengatakan, pada pelaksanaan seleksi masuk PTN tahun 2021, siswa MAN 1 Lotim yang dinyatakan lulus sejumlah 189 siswa dari 337 siswa kelas XII MAN 1 Lotim dengan rincian kelulusan 25 siswa lulus jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) atau populer dengan sebutan Jalur Prestasi/Raport).


"Selain itu, 58 siswa lulus melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) atau jalur tes bersama, 76 siswa lulus Seleksi Prestasi Akademik Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) dan 30 siswa lulus jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UMPTKIN)," paparnya, Kamis (24/06/2021). 


Menurut Mahpuz, dalam proses seleksi masuk PTN ini ada beberapa hal yang istimewa disamping besarnya angka kelulusan siswa yang diterima di PTN yang mencapai hampir 60% tapi siswa atas nama Windi Satria Ananda sukses meraih nilai 1000 (Nilai Sempurna) pada UTBK jurusan ekonomi Unram.


Kemudian 3 siswa yang sukses lulus di jurusan kedokteran yakni 1 orang di Kedokteran Unram melalui jalur prestasi, 1 orang lulus di Kedokteran Universitas Udayana Bali, 1 orang yang lulus UTBK di Kedokteran Universitas Brawijaya Malang, 2 orang di UIN Jakarta, 1 orang lulus Psikologi di UI dan 1 orang lulus di UGM dan seterusnya. 


Capaian prestasi ini buah dari kerja sama semua komponen madrasah termasuk efek positif dari giatnya pihak madrasah dalam pengembangan minat bakat siswa dan semangat mengikuti lomba. "Alhamdulillah prestasi demi prestasi terus kita raih," ungkap Mahpuz yang diiyakan M Nurul Wathoni selaku Kepala MAN 1 Lotim.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments