Srikandi MAN 1 Lotim Rebut Juara Lomba Essai - www.okenews.net

Rabu, 17 November 2021

Srikandi MAN 1 Lotim Rebut Juara Lomba Essai

Okenews.net - Pestasi siswa MAN 1 Lotim kembali dipersembahkan Dewi Intan. Srikandi yang selama ini aktif di Study Club Sosiologi itu berhasil meraih juara 3 lomba essai tingkat SLTA se-NTB yang digelar oleh Fisipol Unram pada minggu pertama dan kedua bulan Nopember 2021.


"Alhamdulillah, kami berhasil meraih juara dengan hadiah berupa piagam dan dana pembinaan sebesar Rp1 juta," ujar Dewi Intan, Rabu (17/11/2021). 


Pada lomba essai ini, Dewi Intan mengangkat judul "Optimalisasi Peran Keluarga untuk Mengatasi Kesehatan Mental Anak pada Masa Pandemi Covid-19. 


Dalam essainya Dewi Intan mengurai masa pandemi covid-19, peran keluarga sangat penting bukan saja hanya untuk memenuhi kebutuhan anak tapi keluarga juga harus mampu berperan sebagai patner dalam proses pembelajaran daring. 


Belajar daring merupakan tantangan baru bagi siswa sehingga sangat diperlukan peran keluarga secara optimal. Kondisi yang terjadi banyak siswa merasa stress bahkan kurang termotivasi dalam pelajaran daring. 


Disinilah fungsi keluarga secara maksimal harus berjalan sesuai dengan fungsinya sebagaimana teori sosiologi yaitu teori fungsional struktur yang dikemukakan oleh Talcot Person.


"Apabila masyarakat tidak menjalankan sesuai dengan fungsinya, maka akan terjadi gesekan bahkan menyebabkan permasalahan sosial. Salah satunya adalah kesehatan mental siswa," ungkapnya. 


Sementara itu Pembina Study Club Sosiologi dan Debat MAN 1 Lotim Hj Siti Surodiana menyampaikan, pada lomba essai ini, madrasah mengirimkan 3 siswa yakni Sri Rizky Amelia Putri, Fadila Safarina dan Dewi Intan.


"Alhamdulillah ketiga siswi kami berhasil masuk 10 finalis yang berhak untuk presentasi secara  virtual. Dari hasil presentasi itulah kemudian tim juri menentukan juara dan hanya Dewi Intan yang juara," ucapnya. 


Surodiana berharap ketiga siswi itu bisa meraih juara tapi saat presentasi jaringan internet  terganggu yang mengakibatkan tampilan siswinya kurang maksimal. 


Tapi itulah lomba, kata dia, selalu ada dinamika dan harus bisa menerima hasil dengan lapang dada karena berkompetisi bukan semata-mata untuk meraih juara dan piala tapi semua proses dijalani siswa dengan maksimal. 


"Hasilnya, serahkan pada dewan juri dan kami juga menyampaikan  apresiasi dan terima kasih atas nama madrasah, pada tim panitia dari prodi Sosiologi  Fisipol UNRAM," ucapnya.


Karena menurutnya, gelaran lomba yang dibuka Unram itu sebagai ruang bagi siswa untuk berkompetisi yang hasilnya dapat menjadi bahan evaluasi dan motivasi untuk semakin semangat melakukan pembinaan dan seterusnya. 


Terpisah, Kepala MAN 1 Lotim M Nurul Wathoni yang dihubungi tim jurnalis media ini disela-sela acara penerimaan piagam dan hadiah lomba, Rabu (17/11/2021) menyatakan rasa bangganya atas capaian prestasi siswa binaannya. 


Ia menyebut, torehan prestasi siswa yang mengalir terus setiap minggu di MAN 1 Lotim ini merupakan hasil kerja keras siswa dan pembina yang secara rutin dan telaten memberikan bimbingan pada siswa melalui 40 an ektrakurikuler yang ada di MAN 1 Lotim. 


"Dan ektrakurikuler ini, termasuk lombanya didukung secara penuh oleh pihak madrasah termasuk pembiayaan lomba dan apresiasi pada para juara," ujar Wathoni.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments