Gerakan Petani Digital, Kominfo Fasilitasi Panen Raya di Loteng - www.okenews.net

Kamis, 04 November 2021

Gerakan Petani Digital, Kominfo Fasilitasi Panen Raya di Loteng

Okenews.net - Kementerian Komunikasi dan informatika (Kominfo) melalui direktorat ekonomi digital melakukan implementasi gerakan petani digital 4.0. 


Program ini bertujuan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan bisnis pada setiap rantai nilai pertanian melalui pemanfaatan teknologi digital, menargetkan petani dengan komoditas tanaman pangan seperti padi dan jagung serta tanaman hortikultura, seperti cabai dan bawang merah. 


Pada tahun 2021, program ini dilaksanakan di beberapa lokasi yaitu Kabupaten Lombok Tengah, Kabupaten Pasaman Barat dan Kabupaten Malang. 


Gerakan petani digital 4.0 di Kabupaten Lombok Tengah telah diimplementasikan sejak pertengahan tahun 2021 di Desa Bilebante Kecamatan Pringgarata. 


Kegiatan ini memfokuskan pada pemanfaatan teknologi digital dalam rantai nilai budi daya melalui pemanfaatan alat sensor tanah dan cuaca yang dapat memberikan informasi lingkungan pertanian secara real-time seperti suhu udara curah hujan, arah angin kelembaban tanah, suhu tanah, pH tanah hingga electrical conductivity.   


Parameter-parameter tersebut dibutuhkan untuk mengetahui kebutuhan tanaman secara lebih presisi sehingga mampu meningkatkan efisiensi dan produktivitas hasil panen.


Adapun rangkaian program ini dimulai sejak pemasangan alat internet of things sensor tanah dan cuaca, pendampingan petani dalam penggunaan teknologi digital, hingga pengambilan bestline data pertanian setempat.


Hal ini dilakukan untuk membantu memberikan rekomendasi tindakan yang diperlukan seperti jumlah air yang diperlukan tanaman, jenis pupuk yang dibutuhkan, tinggal rekomendasi waktu pemupukan good agricultural practices.


Upaya ini dilakukan sesuai arahan Presiden Republik Indonesia pada Agustus 2020 tentang peningkatan infrastruktur digital transformasi pada sektor strategis percepatan integrasi pusat data nasional, kebutuhan SDM talenta digital, dan skema regulasi pembiayaan transformasi digital.


Gerakan petani digital 4.0 terselenggara atas kerjasama yang baik dari berbagai stakeholder seperti kementerian Pertanian, pemerintah daerah, akademisi, startup digital, dan peran serta aktif dari petani daerah setempat.


Pada gelaran panen raya gerakan petani digital 4.0 ini turut hadir perwakilan Dirjen tanaman pangan kementerian Pertanian Dr. Rachmat selaku koordinator padi irigasi dan rawa, Sekdis Pertanian Lombok Tengah Taufiqurrahman Pua serta pakar pertanian dari UGM, Eko Putranto.


Gerakan petani digital 4.0 merupakan upaya dari kementerian kominfo sebagai fasilitator dan akselerator dalam meningkatkan adopsi teknologi digital di sektor pertanian. 


Langkah ini untuk mewujudkan Indonesia yang siap menjadi negara digital dan turut andil dalam akselerasi perekonomian global.


"Besar harapan saya bahwa program ini dapat dilakukan bersama-sama oleh seluruh pihak, dengan komitmen untuk menciptakan ekosistem pendukung implementasi teknologi digital sektor pertanian yang berkelanjutan," tutup Samuel Abrijani P, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (APTIKA) Kominfo.


Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments