Bahas Regulasi Miras, Buton Selatan Kunjungi Lombok Timur - www.okenews.net

Senin, 07 Februari 2022

Bahas Regulasi Miras, Buton Selatan Kunjungi Lombok Timur

Pemkab Lotim menerima kunjungan kerja DPRD Buton Selatan
Okenews.net - Pemerintah Kabupaten Lombok Timur NTB menerima kunjungan kerja DPRD Kabupaten Buton Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara, Senin (07/02/2022). 

Kunjungan kerja tersebut untuk berkordinasi dan konsultasi terkait regulasi pengawasan dan pengedaran minuman beralkohol yang selama ini masih saja beredar di masyarakat. 

Rombongan DPRD Buton Selatan yang dipimpin La Hijria, diterima Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekda Lombok Timur Purnama Hady di Rupatama 1 Kantor Bupati.

Purnama Hady dalam sambutannya menyampaikan gambaran Kabupaten Lombok Timur secara umum. Ia berharap kunjungan tersebut dapat bermanfaat bagi kedua belah pihak guna mendukung pembangunan di masing-masing daerah.

Kepada rombongan DPRD Buton Selatan, Purnama Hady menjelaskan isi dan tujuan Peraturan Daerah no.8 tahun 2002 tentang larangan memproduksi, mengedarkan, menjual, dan meminum minuman beralkohol. 

Dengan jumlah penduduk 99 persen muslim, Perda tersebut diharapkan tidak hanya menekan gangguan kamtibmas tapi menunjang pembentukan akhlak dan kepribadian sesuai norma agama.

Purnama mengakui, Perda tersebut sudah tidak lagi sejalan dengan kondisi saat ini, dan tidak selaras dengan kebijakan pemerintah pusat. Utamanya menyangkut investasi yang tengah digalakkan. Karena itu Perda tersebut akan disesuaikan.

Untuk produksi minuman beralkohol tradisional di Lombok Timur relatif kecil. Minuman tersebut lebih banyak yang dibawa dari luar daerah. Pemda juga terus berupaya memberikan alternatif usaha agar para produsen lokal beralih ke jenis usaha lain.

Ketua rombongan DPRD Buton Selatan La  Hijria menyampaikan terima kasihnya atas sambutan Pemda Lombok Timur. Buton Selatan sebagai kabupetan yang baru terbentuk pada 2014 lalu masih membutuhkan banyak kelengkapan untuk terus berbenah. 

Ia berharap kedua daerah dapat menjalin kerja sama lebih luas untuk kemajuan pembangunan daerah. Apalagi saat ini telah memasuki era metaverse yang membutuhkan pengadaptasian di tengah persaingan global. 

Hadir dalam kegiatan ini Kasat Pol PP, Dinas PMPTSP, Polres Lombok Timur, serta sejumlah Kepala Bagian lingkup Setda Lombok Timur untuk bertukar informasi. 


Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments