PKL Kawasan Mandalika Dilatih Hospitality dan Bahasa Asing - www.okenews.net

Senin, 07 Februari 2022

PKL Kawasan Mandalika Dilatih Hospitality dan Bahasa Asing


Okenews.net
- Politeknik Pariwisata Lombok menggelar bimbingan teknik (bimtek) pelayanan hospitality dan bahasa asing bagi pedagang kaki lima (PKL) yang ada di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

Direktur Poltekpar Lombok Hery Rachmat Widjaja mengatakan, kegiatan ini sebagai wujud dukungan dalam mempersiapkan diri menyongsong MotoGP.

Diakui, kegiatan ini juga merupakan bentuk implementasi dari tri dharma perguruan tinggi di bidang pengabdian masyarakat. "Kami menggandeng asosiasi pedagang kaki lima Indonesia (APKLI)," katanya, Senin (7/2/2022).

Ditekankan, kegiatan ini tidak saja mengakomodir PKL secara personal, melainkan menjalin kerja sama dengan asosiasi yang memayungi.

Sementara, Sekretaris Dinas Pariwisata Provinsi NTB Lalu Hasbulwadi mengimbau PKL akan pentingnya komunikasi menggunakan bahasa asing.

Dia menilai, penguasaan bahasa asing wajib dimiliki pelaku pariwisata, termasuk PKL. Apalagi, nantinya akan berhadapan langsung dengan tamu yang berasal dari berbagai negara di dunia. 

"Mereka akan menyaksikan perhelatan MotoGP dan berlibur," ujarnya. Menurutnya, program Poltekpar ini luar biasa dan dinilai tepat sasaran serta sesuai kebutuhan saat ini.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Lombok Tengah Lendek Jayadi menjelaskan, hospitality sebenarnya sudah menjadi budaya orang Lombok. Sehingga, bisa dikatakan bukan satu hal yang sulit bagi PKL untuk memahami konsep pelayanan.

Namun, dalam tataran pelaksanaan di bidang pariwisata tentu hospitality memilik standar khusus. Diharapkan, materi yang disampaikan para narasumber dapat diserap dengan baik oleh peserta.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments