HMPS Pendidikan Sejarah UNHAM Gelar Pelatihan Dasar Jurnalistik - www.okenews.net

Senin, 24 Oktober 2022

HMPS Pendidikan Sejarah UNHAM Gelar Pelatihan Dasar Jurnalistik

Kegiatan pelatihan jurnalis di Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah
Okenews.net - Bertepatan dengan Hari Santri Nasional, Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi (FISE) Universitas Hamzanwadi adakan kegiatan Pelatihan Dasar Jurnalistik (Sabtu, 22 Oktober 2022). 

Pelatihan Dasar Jurnalistik ini mengangkat tema “Be a Good Journalist Make a Batter Future” dengan menghadirkan wartawan televisi nasional dan wartawan media lokal, keduanya merupakan alumni Prodi Pendidikan Sejarah Universitas Hamzanwadi.

Kegiatan ini selain bertujuan untuk menguatkan profil Prodi Pendidikan Sejarah selain sebagai guru, sekaligus sebagai rangkaian untuk mengakhiri perkhidmatan pengurus HMPS Pendidikan Sejarah periode 2021-2022.

“Sebentar lagi kepengurusan HMPS akan segera diganti, sehingga kami merasa perlu untuk memberikan kenangan yang baik pada para pengurus selanjutnya, sehingga kami mengadakan kegiatan ini yang sekaligus untuk bertujuan untuk menguatkan mata kuliah ilmu jurnalistik yang kami dapatkan dalam proses perkuliahan,” jelas Helwin Maulidia selaku Sekretasir HMPS.

Hadir dalam kegiatan pembukaan, Pembina HMPS Pendidikan Sejarah Muhammad Shulhan Hadi, M.Pd dalam sambutannya juga menyampaikan pentingnya kegiatan ini sebagai penguat penciri program studi, karena cukup banyak alumni Pendidikan Sejarah yang saat ini berprofesi sebagai jurnalis.

“Kami sangat bangga dengan keberadaan kedua pemateri hari ini yaitu saudara Burhanuddin dan Abdi Zaelani mereka sudah menjadi contoh yang sangat luar biasa dalam mewujudkan salah satu identitas dan penciri prodi pendidikan sejarah” jelasnya.

Pelatihan diadakan dalam dua sesi, sesi pertama dengan pemateri Burhanuddin yang mengulas tentang prinsip dasar dan kode etik jurnalistik, sedangkan sesi kedua dengan pemateri banyak mengulas tentang teknik menulis dan menyusun berita, sekaligus para peserta diberikan kesempatan untuk membuat narasi berisa yang sekaligus dikomentari oleh pemateri sebagai praktek langsung.

Para peserta selain mendapatkan ilmu yang bermanfaat sekaligus mendapatkan sertifikat sebagai bukti keikutsertaan, kata Naharudin selaku ketua panitia

#Penulis: Lalu Murdi

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments