Tim Jurnalis MAN 1 Lotim Raih Juara Favorit Lomba Film Pendek - www.okenews.net

Kamis, 22 Desember 2022

Tim Jurnalis MAN 1 Lotim Raih Juara Favorit Lomba Film Pendek

Kepala MAN 1 Lotim (tengah) bersama tim jurnalis yang meraih juara
Okenews.net - Tim Jurnalis MAN 1 Lombok Timur (Lotim) NTB berhasil meraih juara favorit lomba film pendek yang digelar LMI Chanel bekerjasama dengan UNW dan UIN Mataram mulai 16-20 Desember 2022.

"Alhamdulillah, tim MAN 1 Lotim meraih juara favorit yang dan mendapatkan penghargaan berupa sertifikat, piala, dan uang pembinaan sebesar 1 juta rupiah, terang Pembina Jurnalis MAN 1 Lotim Evi Pebriana, Kamis (22/12/2022).

Ia menuturkan, lomba film pendek ini diikuti sekolah/madrasah dari berbagai penjuru NTB itu mengusung tema Cultur NTB-Sasambo dan diumumkan Rabu 21 Desember 2022) kemarin. 

Ada pun judul yang diangkat Tim Jurnalis MAN 1 Lotim yakni Pulang. Menurut informasi, ada 50-an film pendek yang diseleksi oleh dewan juri yang terdiri dari praktisi film Ming Muslimin, Dr. HL Muhyi Abidin dari UNW Mataram dan Dr. Arfan Zuhdi dari UIN Mataram.

Lebih lanjut Evi menuturkan, film Pulang ini secara sederhana mengisahkan tentang perjalanan wisata budaya seorang gadis yang pulang dari daerah rantauan dan kembali pulang ke Pulau Lombok dengan sejuta pesona dan budayanya. 

Gadis itu bernama Angel, ia mahasiswa di salah satu universitas di Jakarta dan memiliki keluarga di Lombok, kemudian pulang untuk berlibur semester. Singkat cerita, Angel yang singgah di rumah keluarganya menemukan kain adat yang berasal dari Sumbawa.

Pamannya menceritakan seluk beluk kain khas itu ternyata kain yang dipakai pamannya saat pernikahannya dulu. 

Cerita itu semakin membuat Angel penasaran dengan budaya Provinsi Nusa Tenggara Barat yang di dalamnya memiliki 3 suku, yaitu Sasak, Samawa, Mbojo (SASAMBO). 

Di tengah euforia menceritakan kain khas Sumbawa, paman mengajak Angel dan keluarga besar untuk liburan berwisata ke desa Adat Limbungan, desa yang masih kental dengan adat yang masih dipegang teguh.  

Walaupun bangunannya bersebelahan dengan rumah yang sudah modern, namun desa adat ini tak punah oleh zaman. Dan dalam pembuatan film ini tim siswa yang terlibat sebagai kru dan pemain.

Untuk pemain, Nayla Sabrina (XI IPA 4) sebagai ANGEL, Siti Ananda Khuamiro (X IPS4) sebagai DIANA,   L. M. Munajin (X IPS 1) sebagai TONO,  Zuhi Salis (XI IPA 1) sebgai PAK AMAT, Lindy Cistia XI AGM) sebgai Bu Solehatun. 

"Sedangkan kameramen dan editornya Muhammad Rifqy Habibi XI IPA 4 dan Yanabil Ilham sakiwa XI IPA 1 dengan sutradara Evi Pebriana," paparnya. 

Kepala MAN 1 Lotim M Nurul Wathoni menyampaikan, semangat dan ketekunan siswa dalam mengikuti bimbingan pengembangan minat bakat melalui ekstrakurikuler jurnalis telah mencapai hasil yang baik dan layak dibanggakan. 

Terlebih, para siswa mampu mengangkat kultur masyarakat adat di Lombok Timur dalam film pendek yang sangat menarik untuk ditonton sekaligus dapat menjadi sarana mempromosikan daerah kita keluar. 

"Dan atas capaian prestasi ini, kami dari pihak madrasah juga memberikan reward sebagai motivasi ke siswa melalui program tebus prestasi," ungkap Wathoni.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments