Atraksi Wisata, Dispar Lotim Dukung Festival Kecimol - www.okenews.net

Kamis, 19 Januari 2023

Atraksi Wisata, Dispar Lotim Dukung Festival Kecimol

Kadis Pariwisata Lombok Timur Iswan Rakhmadi
Okenews.net - Dinas Pariwisata terus berupaya mengembangkan destinasi maupun atraksi wisata yang menjadi daya tarik wisatawan di Lombok Timur.

Kepala Dinas Pariwisata Lombok Timur Iswan Rakhmadi mengatakan, pemerintah telah memberikan perhatian kepada semua sektor secara proporsional guna memajukan pariwisata. 

"Termasuk festival kecimol yang akan diselenggaran oleh Asosiasi Kecimol NTB yang akan digelar 25 Januari mendatang," ungkap Iswan Rakhmadi, Kamis (19/01/2023) di Selong. 

Festival Kecimol ini merupakan bagian dari atraksi pariwisata. Kelompok kecimol yang di Lombok Timur jumlahnya sekitar 130-an grup merupakan komponen yang perlu mendapat dukungan atau fasilitasi. 

Ia mengakui dukungan Pemda terhadap kegiatan tersebut sesuai porsi. “Kalau dinilai secara materi jumlahnya mencapai 10-20% untuk fasilitasi pembukaan kegiatan,” terangnya. 

Ditambahkan Iswan, kecimol sebagai bagian dari pengembangan ekonomi kreatif membuka lapangan kerja bagi masyarakat sehingga perlu mendapat perhatian dalam bentuk pembinaan. 

Ia berharap, melalui pembinaan yang dilakukan oleh asosiasi, maupun pemerintah daerah dapat mengurangi dampak negatif kecimol yang kerap disoroti masyarakat.

Asosiasi sendiri telah memberikan batasan dalam bentuk awik-awik bagi setiap grup kecimol, seperti larangan mengonsumsi alkohol dan narkoba serta meninggalkan porno aksi dan kesan seronok. 

Menariknya, bagi grup yang melanggar awik-awik itu akan dikenai teguran hingga denda yang sudah disepakati oleh asosiasi kecimol tersebut.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments