Pemkab akan Bantu Air Bersih di 9 Kecamatan di Lombok Timur Terdampak Kekeringan - www.okenews.net

Selasa, 05 September 2023

Pemkab akan Bantu Air Bersih di 9 Kecamatan di Lombok Timur Terdampak Kekeringan

Okenews.net- Bupati Lombok Timur HM Sukiman Azmy memimpin rapat koordinasi mengatasi dampak kekeringan. Rakor yang berlangsung Selasa (5/9/2023) di Ruang Rapat Bupati tersebut dihadiri Sekretaris Daerah Muhammad Juaini Taofik.

Kepala Pelaksana BPBD, Kepala Bappeda, Kepala BPKAD, Inspektur Daerah, sejumlah camat yang wilayahnya terdampak, juga direktur PDAM.

Menangani dampak kekeringan yang melanda sejumlah kecamatan di Lombok Timur Bupati Sukiman pada kesempatan tersebut mengingatkan untuk melakukan distribusi air minum ke kawasan terdampak.

Terdapat sembilan kecamatan terdampak dengan rincian 213 dusun, 48 desa, dengan jumlah kepala keluarga mencapai 23.188 kk. Jerowaru menjadi daerah dengan jumlah KK paling besar mengalami dampak kekeringan yaitu 9.877 yang tersebar di 123 dusun dan 15 desa. Keruak menjadi kecamatan dengan jumlah KK terbanyak ke dua yaitu 4.206 kk, disusul kecamatan Suela 3.586 kk, dan Sambelia dengan 2.773 KK.

Bupati Sukiman memerintahkan untuk daerah yang jarak dan jangkauannya jauh dari kota kabupaten serta memiliki jumlah warga terdampak besar seperti Jerowaru dan Keruak proses distirbusi air dilakukan oleh pihak ketiga.

Ia mengingatkan secara teknis dilakukan melalui perjanjian antara BPBD, Camat, dan pihak ke tiga. Pilihan ini diambil sebagai langkah efisiensi, utamanya terkait operasioanal. Sementara itu untuk kecamatan lainnya Bupati meminta ditangani langsung oleh BPBD. Selain prinsip efektif, efisien, dan akuntabel, Sekda Juini Taofik pada kesempatan tersebut menambahkan agar bantuan air minum tersebut gratis sehingga tidak membebani masyarakat.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments