Kunjungi Pulau Maringkik, Baznas Lotim Salurkan ZIS - OKENEWS.NET | PT Bintang Mediaoke Pratama. All rights reserved

Breaking

Halaman

Jumat, 16 Oktober 2020

Kunjungi Pulau Maringkik, Baznas Lotim Salurkan ZIS

OkeNews.net - Ketua bersama rombongan Badan Amil Zakat Nasional (BASNAZ) Kabupaten Lombok Timur (Lotim) Provinsi NTB melakukan kunjungan ke Desa Pulau Maringkik Kecamatan Keruak guna menyalurkan zakat, infaq, dan shodaqoh (ZIS) kepada warga yang berhak menerima.


Kunjungan yang baru pertama kali dilakukan oleh Ketua bersama rombongan Baznas Lombok Timur itu disambut warga dengan penuh suasana kekeluargaan. Warga desa nelayan itu menyapa dengan ramah dan mengungkapkan rasa terima kasih atas kunjungan tersebut.


Ketua Baznas, Ismul Basar menyatakan penyaluran bantuan itu berupa zakat infak dan sedekah (ZIS) konsumtif kepada warga yang berhak berdasarkan data yang masuk di Baznas. 


"Pendistribusian bantuan ZIS tersebut baru kali pertama dilakukan ke Pulau Marengkek dengan menyasar mustahik yakni masyarakat yang tergolong pakir  miskin itu berlangsung hari Kamis, 15 Oktober kemarin," ujar Ismul Basar, Jumat (16/10/2020).


Menurut Ismul, kunjungan Baznas bersama rombongan baru kali pertama kita lakukan dengan tujuan untuk memberikan pemerataan pendistribusian kepada semua masyarakat yang berhak menerima.


"Zakat konsumtif yang disalurkan di Pulau Maringkik tersebut diperuntukkan kepada  60 warga yang tergolong dalam kategori asnaf dan langsung diterima di kantor desa setempat," jelas Ketua Baznas.


Selain untuk pakir miskin, pada hari itu Baznas juga memberikan bantuan kepada beberapa warga yang mengalami dan mengidap penyakit untuk biaya pengobatan. "Disinilah fungsi dan manfaat wajib zakat bagi setiap ummat  Islam yang hartanya sudah mencapai batas yang ditetapkan untuk dikeluarkan zakatnya," ungkapnya.


Ia menegaskan, Baznaz Lombok Timur akan berupaya maksimal untuk mendistribusikan zakat, infaq, dan shodaqoh secara merata meskipun tempat tinggal warga jauh dari perkotaan karena salah satu asas pengelolaan ZIS.


"Di antara azas pengelolaan zakat adalah berkeadilan sehingga walaupun mustahiq itu berada di tempat yang jauh tetap harus mendapat perhatian BASNAZ," ujar Ketua Baznas itu.


Selain warga penerima ZIS, hadir dalam penyerahan bantuan itu, Sekretaris Baznas Abdul Hayyi Zakaria, Kepala Desa, Bintara Pembina Desa (Babinsa), Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas), dan sejumlah tokoh desa setempat.