Bupati Lotim Sebut Pengendalian Covid-19 Harus Diperkuat - www.okenews.net

Jumat, 29 Januari 2021

Bupati Lotim Sebut Pengendalian Covid-19 Harus Diperkuat

OkeNews.net - Bupati Lombok Timur HM Sukiman Azmy menegaskan, pencegahan dan penanggulangan covid-19 kembali diperkuat dan dilakukan revitalisai pengendalian. Upaya ini harus dilakukan dengan maksimal, mulai dari tingkat desa dengan mendirikan pos gerbang desa, keberadaan relawan covid-19, sosialisasi, penyediaan tempat isolasi minimal dengan sepuluh tempat tidur, dan laporan secara rutin dari kepala desa. 

Bupati Lombok Timur HM Sukiman Azmy

Penegasan itu disampaikan bupati pada Rapat Koordinasi Pengendalian Covid-19 yang berlangsung Jumat (29/1) di Masjid Kantor Bupati Lombok Timur. Ditegaskan juga, dana desa bisa dimanfaatkan untuk keperluan penanggulangan covid-19, bahkan bupati menyebut konsentrasi pembangunan tahun ini fokus untuk pengendalian covid-19, kecuali untuk infrastruktur yang mendesak.


Rapat yang dihadiri Danramil, Kapolsek, Kepala UPT Dikbud, P3AKB, dan Kepala Puskesmas itu, bupati berharap optimalisasi peran unit pelaksana teknis (UPT) dinas, mulai dari dinas pendidikan, dinas pemberdayaan perempuan, perlindungan anak pengendalian penduduk dan keluarga berencana (P3AKB) serta dinas pertanian dan peternakan untuk menyosialisasikan kembali pentingnya penerapan protokol kesehatan. 


Bupati juga meminta optimaliasi peran pemuka agama dan keterlibatan Kantor Urusan Agama (KUA) untuk tujuan sosialisasi ini. Seluruh elemen ini, utamanya camat, Danramil dan Kapolsek bersama kepala desa memastikan keberadaan desa aman covid dan merevitalisasi upaya penanggulangan covid-19.


Bupati meminta kolaborasi dan sinergi semua elemen untuk pengendalian covid-19 maksimal karena saat ini kasusnya masih terus mengalami peningkatan. Jika seluruh elemen bekerja optimal ia yakin, covid-19 akan dapat dikendalikan seperti halnya di awal penyebaran covid-19 di kabupaten Lombok Timur.


Sebelumnya ahli epidemiologi DR. Pathurahman memaparkan kondisi covid-19 di Lombok Timur dan berbagai upaya yang perlu dilakukan untuk pengendaliannya. Salah satu rekomendasinya adalah pentingnya setiap komponen untuk memeperhatikan perkembangan kasus yang ada sesuai wilayah masing-masing dan segera mengambil langkah. 


Upaya preventif adalah yang paling efektif sehingga direkomendasikan pula upaya dilakukan dari lingkungan terkecil seperti desa atau kelurahan melalui aksi jaga kampung sendiri karena saat ini Lombok Timur berada di zona oranye sehingga dibutuhkan kolaborasi seluruh stakeholder untuk keluar dari kondisi tersebut.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments