Madu Trigona Sebagai Satu Solusi Ketahanan Pangan - www.okenews.net

Sabtu, 30 Januari 2021

Madu Trigona Sebagai Satu Solusi Ketahanan Pangan

OkeNews.net - Kodim 1615/Lotim menerima sosialisasi ketahanan pangan dari Balai Litbang Kementrian Kehutanan dan Pembina Asosiasi Petani Lebah Madu Lombok Timur di lapangan Makodim 1615/Lotim jalan Prof. M. Yamin Selong, Sabtu (30/1/2021).

Sosialisasi ketahanan pangan dari Balai Litbang
Kementrian Kehutanan di Makodim 1615/Lotim

Sosialisasi tentang budidaya lebah tanpa sengat (stinglees bee) atau dikenal dengan madu trigona disampaikan oleh Edi Kurniawan dan diikuti perwakilan masing-masing Koramil jajaran Kodim Lotim.


Usai mendapatkan penjelasan tentang jenis lebah trigona dan pemilihan jenis pakan lebah trigona, Edi Kurniawan kemudian memberikan praktek langsung tentang cara pembuatan sarang (stup) dari papan.


Komandan Kodim 1615/Lotim Letnan Kolonel Inf Agus Prihanto Donny, S.Sos., mengatakan ketahanan pangan tidak hanya menjadi urusan pemerintah, namun juga masing-masing rumah tangga harus memilikinya dengan harapan tidak ada kelaparan atau ancaman kelaparan.


Menurutnya, pengembangan lebah trigona merupakan satu inovasi ketahanan pangan yakni dengan budidaya madu trigona yang aman bagi masyarakat maupun anak-anak karena tidak menyengat seperti lebah lainnya.


Selain rasanya enak, lanjut Agus Donny, teknik budidaya lebah madu juga tidak rumit dan mudah. Peralatan yang harus disiapkan setelah memilih jenis trigona yang akan dikembangkan yakni sarang (stup) dan bunga disekitar halaman rumah sebagai sumber makanannya.


Orang nomor satu di jajaran Kodim Lotim itu juga berencana agar kedepan, masing-masing Koramil mengembangkannya di Koramil dengan harapan para Babinsa ikut membudidayakannya sehingga bisa dijadikan contoh positif bagi warga binaannya dalam peningkatan ekonomi masyarakat melalui budidaya lebah madu trigona.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments