HEBAT...! Siswa MAN 1 Lotim Raih Emas di Olimpiade Fisika Nasional 2021 - OKENEWS.NET | PT Bintang Mediaoke Pratama. All rights reserved

Breaking

Halaman

Senin, 22 Februari 2021

HEBAT...! Siswa MAN 1 Lotim Raih Emas di Olimpiade Fisika Nasional 2021

OkeNews.net - Yusri Asyifa, siswa MAN 1 Lombok Timur Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) meraih emas di ajang olimpiade nasional yakni pada Superstar Science Olimpiade Batam tahun 2021 pada bidang Fisika setelah sukses menyingkirkan kompetitor hebat lainnya.

Kepala MAN 1 Lotim M Nurul Wathoni bersama Yusri Asyifa
dan Pembina Fisika Club M. Iman Darmawan, M.Pd 

Semangat kompetisi siswa-siswi MAN 1 Lombok Timur dalam berbagai bidang memang tidak diragukan. Tidak heran jika setiap saat meraih prestasi. Pembinaan yang terus menerus dilakukan para pembina untuk mencetak generasi cerdas dan berprestasi MAN 1 Lotim tidak lepas dari kepemimpinan kepala madrasah didukung semua pihak. 


Diakui, torehan prestasi seakan tiada henti, begitulah kira-kira ungkapan kalimat yang tidak keliru untuk disematkan pada prestasi yang diraih MAN 1 Lotim karena mulai awal tahun 2021 ini prestasi yang ditorehkan terus mengalir hampir setiap minggu. Tahun 2020 lalu juga berhasil menggondol prestasi sampai 220 baik level nasional maupun internasional.


Kepala MAN 1 Lotim M Nurul Wathoni mengatakan prestasi yang diraih tidak lepas dari para pembina-pembina yang hebat dalam memberikan bimbingan yang baik pada siswa. Logikanya, tidak mungkin siswa bisa maksimal ketika tanpa bimbingan yang hebat. 


Diakui, memang ada strategi yang dilakukan dalam melakukan pembinaan sehingga setiap mengikuti lomba siswa paling tidak meraih juara 2 atau 3. Namun menurut dia, bukan semata mencari juara tapi terus berikhtiar menjadi madrasah hebat dan bermartabat sebagaimana visi dari madrasah. 


"Kami tidak pernah menekankan untuk harus dapat juara. Mengalir saja, yang penting latihan. Kalau sudah tekun dan serius kemudian dapat juara juga. Itu bonus dari ikhtiar yang dilakukan. Jadi sekali lagi, kita tidak pernah tekan siswa untuk harus jadi juara dalam setiap kompetisi," ujar Wathoni pada OkeNews.net, Senin (22/02/2021).


Terpisah, Kabid Penmad Kanwil Kemenag NTB M. Ali Fikri mengatakan,  capaian prestasi siswa MAN 1 Lotim yang terus menerus dan konsisten hendaknya dapat menjadi motivasi bagi madrasah lainnya di Lotim dan daerah lainnya di NTB, karena potensi siswa madrasah sebetulnya sama, tinggal bagaimana madrasah melakukan tata kelola dalam pembinaan prestasi.


"Kami di Kanwil Kemenag NTB akan memberikan dukungan penuh pada semua ikhtiar madrasah baik guru dan siswa untuk merebut prestasi," papar pejabat eselon 3 termuda di Kemenag NTB itu.  


Melalui optimalisasi pemanfataan dan tata kelola BOS madrasah, ia mwnyebutkan, pembiayaan pada pembinaan prestasi madrasah bisa berjalan karena itu juga sudah menjadi ketentuan yang tertuang di dalam juknis BOS Madrasah 2021.


M. Iman Darmawan, M.Pd selaku Pembina Fisika Club bersama M. Rodi, M.Pd selaku pembimbing Yusri mengungkapkan rasa syukurnya atas torehan siswa binaannya. Walaupun proses pemberikan bimbingan di masa pandemi dengan banyak pembatasan, tapi siswa binaannya bisa menunjukkan kelasnya pada lomba nasional dengan meraih emas bersama siswa SMAN 3 Bandung.


"Prestasi ini tentu akan menjadi motivasi bagi kami untuk semakin bersemangat untuk melakukan bimbingan dan lomba karena prestasi tidak boleh terhenti karena prestasi itu kebutuhan yang kedepan tentu akan menjadi bekal yang berharga untuk meraih masa depan yang gemilang," ungkapnya. 


Yusri Asyifa, yang merupakan siswa peraih emas ini menyatakan kebahagiaannya pada prestasi yang sudah diraih. "Ini akan menjadi pemacu kami untuk meningkatkan terus prestasi bagi diri dan madrasah," ungkapnya sembari mengucapkan terima kasih pada para guru yang sudah maksimal memberikan bimbingan dan besarnya dukungan serta apresiasi dari madrasah pada kegiatan siswa selama ini.