MA NW Lendang Nangka Raih Juara Petanque Circuit - OKENEWS.NET | PT Bintang Mediaoke Pratama. All rights reserved

Breaking

Halaman

Senin, 15 Februari 2021

MA NW Lendang Nangka Raih Juara Petanque Circuit

OkeNews.net – Madrasah Aliyah (MA) Halimatussa’diyah NW Desa Lendang Nangka yang pada bulan Desember lalu mewakili sekolah swasta di Timur sebagai Juara 2 di ajang kreativitas pusat informasi dan konsling remaja (PIK-R) se-Kabupaten Lombok Timur. 

Panitia menyerahka pernghargaan terhadap pemenang

Kali ini sejumlah siswanya kembali mengukir prestasi di tahun 2021 dalam bidang olahraga yang tergolong baru, yaitu olahraga Petanque Circuit Series dengan meraih juara 1 dan 2.


Pembina Olahraga di MA Halimatussa’diyah NW Lendang Nangka  Ahfaul Hasani mengatakan, petanque merupakan permainan boules dengan melempar bola besi sedekat mungkin dengan bola kayu yang disebut cochonnet dan kaki harus berada di lingkaran kecil. 


“Permainan ini biasa dimainkan di tanah keras atau minyak, tapi juga dapat dimainkan di rerumputan, pasir atau permukaan tanah lain, permainan sejenis adalah bocce dan bowls,” ungkap Guru Ahfarul, Senin (15/02/2021).


Olahraga petanque di Indonesia mulai dikenal dengan berdirinya Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) 18 Maret 2011. “Rencana kegiatan nasional di tahun 2021 akan dilaksanakan sekaligus  HUT FOPI di Riau bulan Maret,” kata Ahfarul.


Kegiatan seleksi Petanque Circuit Series di NTB di fokuskan di Lapangan Petanque UNDIKMA Mataram 6-13 Februari 2021 yang diikuti oleh peserta yang berasal dari klub, sekolah, dan perguruan tinggi yang aktif melatih olahraga petanque saat ini di Provinsi NTB. 


Pelatih Petanque NTB M. Ridwan Lubis mengatakan, proses perlombaan Petanque Circuit Series NTB ini berawal dari inisiatif dari 3 pelatih, yaitu pelatih UNDIKMA sekaligus pelatih petanque NTB M. Ridwan Lubis, pelatih MA NW Lendang Nangka Ahfarul Hasani, pelatih YADINU Masbagik Waes Al Karni. 


“Petanque Circuit Series - I dilaksanakan di YADINU, Petanque Circuit Series - II dilaksanakan di MANW Lendang Nangka, Petanque Circuit Series - III dilaksanakan di UNHAM, dan terakhir Petanque Circuit Series - IV dilaksanakan di UNDIKMA Mataram,” kata M Ridwan Lubis yang juga Dosen Undikma Mataram ketika komfirmasi.


Berikut hasil seleksi Petanque Circuit Series di NTB untuk Single man yakni, Putra  Pratama dari Undikma Mataram, M. Jaya Kunto Wibowo dari MA NW Lendang Nangka, Reza Noviandika & Floresa Nurholidalu dari MA NW Lendang Nangka. Sedangkan single woman yakni, Evi Herdalina dari Undikma Mataram, Ganial Zohaerani dari MA NW Lendang Nangka, Uswatun Hasanah & Rista Yanti dari MA NW Lendang Nangka.


Untuk Double yakni, Dian Pratama Putra - Evi Herdalina dari Undikma Mataram, Reza Noviandika - M. Ismail dari MA NW Lendang Nangka, Rista Yanti - Lina Ulpiana dari Undikma Mataram, dan Floresa Nurholidalu - Aditya Afianto dari MA NW Lendang Nangka.


Kategori shooting man yakni, Priki dari MA NW Lendang Nangka, Dedi Zomaira dari Yadinu Masbagik, dan M. Ismail & Reza Noviandika dari MA NW Lendang Nangka. Sedangkan shooting woman yakni, Rista Yanti dari Undikma Mataram, Ganial Zohaerani dari MA NW Lendang Nangka, dan Uswatun Hasanah & Evi Herdalina dari Undikma Mataram.


Adapun para juara diberikan piagam penghargaan dan pembinaan langsung oleh Rektor Universiras Pendidikan Mandalika Mataram. M Ridwan Lubis juga menyampaikan, para juara tersebut akan dikirim ke Kejuaran Nasional (Kejurnas) mewakili Provinsi NTB yang akan dilaksanakan di Riau atau Jakarta.

“Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Petanque Indonesia akan dilaksanakan di Riau pada bulan Maret 2021, namun karena kondisi sedang pandemi covid-19 maka akan disesuaikan dan diinformasikan nanti,” tegas M Ridwan Lubis.