Bahas Raperda, Bupati Lotim Ingatkan DPRD Pentingnya Pra Fasilitasi Gubernur - www.okenews.net

Rabu, 03 November 2021

Bahas Raperda, Bupati Lotim Ingatkan DPRD Pentingnya Pra Fasilitasi Gubernur

Okenews.net - Bupati Lombok Timur HM Sukiman Azmy mengingatkan DPRD Lombok Timur mengenai pentingnya pra fasilitasi oleh Gubernur sebagai bagian dari proses pembentukan peraturan daerah.


Bupati mengingatkan hal itu terkait dua rancangan peraturan daerah yang diajukan DPRD yaitu Raperda tentang Perlindungan Pekerja Migran Indonesia Asal Daerah Kabupaten Lombok Timur dan Keluarganya. Kedua, Raperda tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Nelayanan Kecil, Pembudidaya Ikan, dan Petambak Garam. 


Menurur bupati, pra fasilitasi yang diikuti rekomendasi gubernur berpengaruh terhadap rancangan perda yang dihasilkan nantinya. Penegadan itu disampaikan pada rapat paripurna dengan agenda penyampaian pendapat bupati terhadap penjelasan DPRD atas pengajuan 2 Raperda usulan inisiatif DPRD tahun 2021 yang berlangsung Rabu (3/11/2021).


Bupati juga mengingatkan materi raperda belum memiliki unsur kelokalan, bahkan dinilai tidak memiliki perbedaan dengan regulasi pusat. Materi raperda juga diharapkan tidak bertentangan dengan peraturan perundangan di atasnya. 


Bupati juga menyebut perlunya pencantuman sanksi administratif bagi setiap orang dan/atau badan yang melanggar ketentuan, utamanya dalam Raperda Perlindungan dan Pemberdayaan Nelayanan Kecil, Pembudidayaan Ikan dan Petambak Garam, mulai dari peringatan tertulis sampai dengan denda administratif. Pencantuman sanksi tersebut diharapkan dapat meningkatkan efektivitas Perda nantinya.


Secara umum bupati mengapresiasi pengajuan Raperda tersebut sebagai wujud kepedulian dan tanggung jawab DPRD terhadap masyarakat Lombok Timur, khususnya pekerja migran, nelayan, serta petambak garam.


Sebelumnya DPRD telah mengajukan dua Rancangan Peraturan Daerah inisiatif DPRD. Diawal tahun 2021 telah ditetapkan menjadi Peraturan Daerah. Keduanya adalah Perda tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani serta Perda tentang Pembatasan Timbulan Sampah Plastik.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments