Baiq Nabila, Siswi MAN 1 Lotim Sukses Raih Juara 1 Essay Teknologi - www.okenews.net

Rabu, 22 Desember 2021

Baiq Nabila, Siswi MAN 1 Lotim Sukses Raih Juara 1 Essay Teknologi

Okenews.net - Satu lagi, siswa MAN 1 Lotim atas nama Baiq Nabila yang selama ini aktif di ektrakurikuler KIR berhasil meraih juara 1 lomba Essai Nasional bidang teknologi. 


Lomba yang diselenggarakan Fakultas Teknik Universitas Setia Budi Surakarta Jawa Tengah beberapa waktu lalu diikuti ratusan peserta dari berbagai sekolah hebat di Indonesia.


Dalam lomba ini, siswi asal Korleko ini mengangkat judul "Pitosya; Platform bagi UMKM Mainan Anak Berbasis Digital Guna Mempercepat Pembangunan Ekonomi Kreatif pada New Normal". 


Menurut Nabila, judul karya ini dilatarbelakangi oleh penurunan ekonomi yang terjadi di sejumlah negara, termasuk Indonesia. Dan secara perlahan-lahan mulai menerapkan era new normal.


'New normal atau tatanan baru untuk beradaptasi dengan Covid-19 telah menuntut semua orang mau tidak mau harus mengedepankan aspek kesehatan di setiap melakukan aktivitas sehari-hari," ujar Nabila, Rabu (22/12/2021).


Berbagai tuntutan dalam era new normal didasari oleh perkembangan lingkungan.

Melihat permasalahan tersebut serta besarnya potensi penerapan ekonomi digital, penulis menawarkan sebuah inovasi yakni Pitoysia. Pitoysia merupakan platform toko mainan anak. 


Ia menyebutkan, sebelum mewabahnya Covid-19, para UMKM mainan anak berjualan dengan mendatangi setiap sekolah, akan tetapi aktivitas tersebut tidak lagi dilakukan akibat dari kebijakan belajar dari rumah (BDR). 


Dengan demikian, siswa tidak lagi membeli mainan seperti sedia kalanya. Platform Pitoysia memiliki 3 fitur yakni Toys Store, Mom & Kids, serta setting. Mekanisme dalam menggunakan Pitoysia diawali dengan melakukan registrasi melalui pengisian database pengguna. 


Lebih lanjut ia mengatakan, pengisian database dapat menggunakan akun facebook, linkedln, dan google. Setelah data terkonfirmasi maka pengguna dapat mengakses semua fitur dan layanan yang tersedia di Pitoysia.


"Pitoysia merupakan platform pemasaran yang akan memudahkan para UMKM mainan anak. Inovasi Pitoysia dapat menjawab salah satu tantangan dalam pemberdayaan UMKM yaitu, kurang optimalnya sistem pendukung pemasaran produk hasil UMKM," ujarnya.


Melalui pemanfaatan platform pitoysia produk hasil UMKM akan lebih mudah dipasarkan sehingga hal ini akan mempercepat pembangunan ekonomi kreatif pada era new normal.


Kepala MAN 1 Lotim M Nurul Wathoni mengatakan, prestasi yang diraih oleh siswinya ini karena semangat dan keuletannya berlatih ditambahkan dedikasi pembina KIR MAN 1 Lotim M Bohari Muslim. 


"Capaian prestasi yang luar biasa dan membanggakan. Prestasi ini tentu harus menjadi motivasi bagi siswa lainnya untuk bisa merebut prestasi dan kita berharap dalam berbagai bidang," ujarnya.


Ia mengatakan, pihak sekolah memiliki kewajiban dan tanggungjawab untuk mendorong dan memfasilitasi minat bakat siswa sebagai ikhtiar nyata untuk mewujudkan madrasah mandiri berprestasi. 

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments