Terima Kunker Bupati Batu Bara, Sukiman Paparkan Strategi Penurunan Stunting - www.okenews.net

Senin, 10 Januari 2022

Terima Kunker Bupati Batu Bara, Sukiman Paparkan Strategi Penurunan Stunting

Okenews.net - Keberhasilan Pemerintah Lombok Timur dalam upaya menurunkan prevalensi stunting (gagal tumbuh) dilirik Kabupaten Batu Bara Provinsi Sumatera Utara.

Guna mengetahui strategi yang dilakukan Lombok Timur, Bupati Batu Bara H. Zahir dan Ketua Tim Penggerak PKK Maya Indriasari Zahir melakukan kunjungan kerja di Lombok Timur, Senin (10/01/2022).  

Rombongan yang dipimpin bupati itu diterima langsung Bupati Lombok Timur HM Sukiman Azmy di Rupatama 1 Kantor Bupati Lombok Timur.

Bupati Sukiman dalam sambutannya memaparkan, penurunan kasus gagal tumbuh ini merupakan keberhasilan dari ikhtiar seluruh elemen masyarakat. 

Ia menyebut penanganan secara bersama-sama dan komitmen dari semua pemangku kepentingan menjadi kunci yang paling penting dalam hal ini. 

Sukiman mencontohkan berbagai kebijakan yang dilakukan Pemda untuk mendorong penurunan kasus stunting seperti pelibatan kepala desa, lurah, hingga camat. 

Pemda menghadiahkan umrah bagi pihak-pihak tersebut yang berhasil menurunkan secara signifikan kasus gagal tumbuh di wilayah masing-masing.

Setelah mendengar pemaparan bupati Lotim, Bupati Batu Bara H Zahir menyampaikan akan melakukan pola yang diterapkan di Lotim dan akan mengadaptasikan sesuai kondisi.

Ia menegaskan, pemberian reward serupa rencananya akan diterapkan dilakukan. Semua hasil kunjungan kerja ini akan dijadikan pelajaran. 

Usai bertukar cenderamata Rombongan dari Kabupaten Batu Bara mendapat pemaparan dari Kepala Dinas Kesehatan. Rombongan juga melakukan kunjungan lapangan ke Puskesmas Pringgasela.

Berdasarkan data elektornik pencatatan dan pelaporan gizi berbasis masyarakat (e-PPGBM) Lombok Timur berhasil menurunkan kasus gagal tumbuh dari 26,46 pada 2018 menjadi 17, 49 pada tahun 2021.

Keberhasilan tersebut ditandai pula dengan keberhasilan Lombok Timur menjadi juara umum 1 dalam Aksi Konvergensi  Stunting tingkat provinsi NTB pada tahun 2021. Tahun 2020 Lombok Timur menjadi Kabupaten paling replikatif dalam penurunan angka stunting di NTB.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments