Bupati Sukiman: Mari Kita Teladani Semangat Perjuangan TGH Mutawalli - www.okenews.net

Senin, 28 Februari 2022

Bupati Sukiman: Mari Kita Teladani Semangat Perjuangan TGH Mutawalli


Okenews.net
- Ribuan jema'ah memadati lokasi perayaan Haul ke-38 pendiri Yayasan Dayama Jerowaru, TGH Muh Mutawalli. Sejumlah pejabat daerah juga turut hadir pada acara tersebut. 

Bupati Lombok Timur HM Sukiman Azmy mengajak segenap hadirin untuk  meneladani semangat perjuangan dan semangat toleransi yang dimiliki TGH. Muh. Mutawalli.

“Mari kita warisi semangat juang beliau dan menambah ilmu yang telah diwariskan dan toleransi yang ditunjukkan kepada kita," ungkapnya, Minggu (27/02/2022).

Sukiman juga mengajak seluruh jema'ah untuk membesarkan lembaga pendidikan yang ditinggalkan, terutama Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah yang nantinya bisa menghasilkan sarjana-sarjana yang dibutuhkan oleh masyarakat.

“Insya Allah Pemda Lotim akan membantu lembaga pendidikan yang ada saat ini seoptimal mungkin, terutama sekolah tingginya," katanya.

Pada kesempatan itu, Sukiman juga menceritakan kisah perjuangan tuan guru Mutawalli dalam menyebarkan syi'ar Islam di Pulau Lombok yang masyarakatnya saat itu masih serba kekurangan dan keterbelakangan. 

“Kita tidak bisa bayangkan bagaimana perjuangan beliau dulu, pada saat bangsa kita baru merdeka, tuan guru Mutawalli berjuang membangun pondok pesantren yang diberi nama Darul Yatama Wal Masakin,“ ujarnya. 

Pada saat tuan guru Mutawalli masih hidup sangat mengedepankan kearifan lokal. Tidak hanya itu, TGH Mutawalli juga dikenal sebagai sosok yang cukup dekat dengan para tuan guru serta tokoh agama lain dan tetap menjaga toleransi.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments