Keren... MAN 1 Lotim Launching Buku Karya Ilmiah Siswa dan Guru - www.okenews.net

Sabtu, 05 Maret 2022

Keren... MAN 1 Lotim Launching Buku Karya Ilmiah Siswa dan Guru


Okenews.net - Keren... MAN 1 Lotim kembali melaunching Buku Karya Ilmiah Siswa dan Guru yang sudah dilombakan dan meraih juara. Peluncuran buku ini ditandai dengan penyerahan karya itu kepada Kakanwil Kemenag NTB Dr H Zaidi Abdab, MA di sela acara rapat kerja pimpinan Satker Kemenag Se-NTB di Hotel Aruna Senggigi Lobar, Sabtu 5 Maret 2022. 

Menumbuhkembangkan kemampuan literasi, memotivasi siswa dan guru agar terus berkarya bagi kemajuan bangsa, MAN 1 Lotim memfasilitasi terbitnya buku berjudul Inovasi Menujun Madrasah Mandiri Berprestasi (Kumpulan Karya Ilmiah Hebat Guru dan Siswa MAN 1 Lotim. 

Buku ini merupakan bunga rampai karya ilmiah guru dan siswa yang terdiri dari esai, artikel, dan laporan penelitian. Semuanya telah dilombakan dalam berbagai event lomba karya ilmiah dan lomba inovasi guru dan siswa pada tingkat provinsi dan nasional.

"Semua karya di dalamnya telah meraih juara sehingga buku ini memiliki pertanggungjawaban ilmiah dan buku ini telah ber-ISBN," Pembina KIR MAN 1 Lotim Bukhari Muslim. 

Menurutnya, penerbitan buku di awal tahun 2022 ini merupakan buku yang ke-6 yang sukses dibuat oleh MAN 1 Lotim sejak tahun 2020 lalu dan rutin dilanjutkan setiap tahun. 

"Ini merupakan wujud nyata dari komitmen madrasah untuk terus meneguhkan budaya literasi dan mendokumentasikan pemikiran ilmiah guru dan siswa madrasah dan semoga bermanfaat," imbuhnya. 

Buku ini terdiri dari 16 karya ilmiah siswa yang telah meraih juara provinsi dan nasional dan 2 karya ilmiah guru MAN 1 Lotim yang juga telah dilombakan dan meraih juara. 

Kepala MAN 1 Lotim M Nurul Wathoni menambahkan, 18 karya ilmiah ini disatukan menjadi buku yang dijamin menarik untuk dibaca oleh semua kalangan. Buku ini bukan saja merupakan karya-karya ilmiah pilihan, tapi menjadi karya yang patut membanggakan. 

Terutama bagi almamater, Kemenag NTB dan Pemda, karena anak-anak madrasah juga memiliki talenta yang luar biasa dalam membangun ummat dan bangsa melalui pemikiran ilmiah dan hasil riset. 

Lebih jauh Wathoni menguraikan bahwa ke 18 judul karya ilmiah yang terdapat dalam buku ini terdiri dari : 

  1. Optimalisasi Pengairan Sawah melalui Sistem Irigasi Berbasis IoT bagi Petani di NTB. Karya dari Arif Anshori dan Fadila Safarina, yang meraih juara 1 lomba LKTI di STIPark Pemprov NTB. 
  2. Rancangan Mesin Pengering Rumput Laut (SEEDRAYER) untuk Meningkatkan Produktivitas Petani Rumput Laut di NTB yang disusun oleh Bq Nabila dan M Syakrowi Ismail yang meraih Pinalis dalam Lomba LKTI di STIPark Pemprov NTB.
  3. Mart Water Discharge: Pengukur Debit Air Berbasis IoT untuk Mencegah Overtopping Bendungan Pandanduri yang ditulis oleh Wahyuni Wardiati, Bq Nabila dan Ayunda Risna. Karya ini menjadi finalis LKTI di PUPR Jakarta akhir 2021.
  4. WEPURE (Water Purifier): Sistem Cerdas Penjernihan Air Berbasis Internet of Thing (IoT) untuk Daerah Rawan Bencana yang ditulis oleh Bq ade Winanda, M Syakrowi Ismail dan Aulia Dina yang meraih finalis lomba LKTI Naioanl PUPR Jakarta akhir tahun 2021.
  5. Pemenuhan Hak Sertifikasi Tanah Atas Nama Perempuan Suku Sasak: Study Kesetaraan Gender di Kecamatan Sakra Barat, disusun oleh Wahyuni Wardiati dan Siti Jamatun Hasanah yang menjadi finalis lomba LKTI LIPI Ke-53 Tahun 2021.
  6. SCB (Sea Cleaning Boat) Perahu Cerdas Pembersih Sampah Plastik Berbasis Sensor Proximity, karya LKTI yang disusun oleh Arif Anshor, Nisa Isma dan Ahmad Kholil yang meraih juara 2 lomba LKTI Nasional di ITS Suarabaya Jatim 2021.
  7. ECBOX: Rancang Pendingin Ikan Bertenaga Angin Guna Meningkatkan Daya Saing di Bidang Maritim yang ditulis oleh Yuni Alifia, Bq Nabila dan M Syakrowi dan suskses meraih juar 3 LKTI Nasional di ITS Surabaya Jatim 2021. 
  8. PITOYSIA: Platform bagi UMKM Mainan Anak Berbasis Digital guna Mempercepat Pembangunan Ekonomi Kreatif pada Era New Normal yang tulis siswi atas nama Bq Nabila dan sukses meriah meraih juara 1 lomba Essai Nasional di USB. 
  9. Attitude Berpendapat Sebagai Upaya Menetralisir Konflik, Undang-undang ITE yang disusun oleh Anisa Aulia Futri dan meraih juara Harapan 1 Lomba Menulis  Esai Nasional akhir tahun 2021. 
  10. Pagar Pembatas Dalam Kebebasan Berpendapat yang ditulis oleh Bq Olifia dan meraih juara harapan 1 Lomba Menulis  Esai Nasional akhir tahun 2021.
  11. Strategi “Zento” Langkah Representatif Untuk Membangkitkan Ekonomi Kreatif Di Era New Normal. Disusun oleh Hidatun Naimah, Nisa Isma R.M Nunung Wardani. 
  12. Media Pembelajaran Online Library Tour: Solusi Pembelajaran Daring di Masa Covid-19. Disusun Bq Nabila dan suskes meraih juara 2 lomba Esai Nasional di Universitas Hasanuddin Makasar. 
  13. Smart Energy Resource Berbasis Magnet Sebagai Solusi Sumber Energi Untuk Daerah 3T. Ditulis oleh Bq Ade Winanda dan M Syakrowi yang sukses meraih menjadi finalis lomba KIR Nasional di ASTRA Internasional. 
  14. Asyik Makan SOMAE (Sosiologi Maze Chase): Solusi Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid 19 pada MAN 1 Lotim” karya ilmiah guru yang ditulis Hj Siti Surodiana dan sukses meraih juara 1 lomba Karya Inovasi Guru Dikbud Provinsi NTB. 
  15. Bab buku ini diutup oleh karya ilmiah guru dengan judul “Berbeda Bukan Berarti tidak Bergerak” yang menjadi karya 20 esai terbaik dalam lomba Esai Guru Inspiratif Nasional di UNW Mataram akhir tahun 2021 lalu.


Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments