Pemkab Lotim Pastikan Kesiapan Lomba Rinjani 100 - www.okenews.net

Jumat, 27 Mei 2022

Pemkab Lotim Pastikan Kesiapan Lomba Rinjani 100

Panitia pastikan persiapan Lomba Rinjani 100

Okenews.net
- Mematangkan kesiapan lomba lari Rinjani 100 yang akan berlangsung 3-5 Juni mendatang, Pemkab Lombok Timur kembali menggelar rapat panitia, Jumat (27/5) di Ruang Sekretaris Daerah.

Rapat dipimpin Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) drg. Asrul Sani. Rapat ini memastikan kesiapan seluruh kebutuhan pendukung lomba.

Terutama persiapan memperkenalkan potensi yang dimiliki Lombok Timur kepada para peserta yang berasal dari berbagai negara tersebut.

Misalnya saja gendang belek dan tari tandang mendet sebagai salah satu kesenian tradisional Sembalun yang masih dilestarikan hingga saat ini. 

Pengenalan ini diharapkan dapat meningkatkan daya tarik wisatawan ke Lombok Timur di masa-masa mendatang sehingga akan berdampak pada pendapatan daerah.

Rencananya, dua kesenian tradisional tersebut akan ditampilkan sebelum lomba dimulai, baik di Sembalun maupun Belanting.

Selain kesenian tradisional akan disuguhkan pula makanan khas serta hasil kerajinan dan produk UMKM, baik Lombok Timur secara umum maupun lokal Sembalun. 

Disebutkan terdapat 30 orang dari penggiat UMKM akan mengisi stand pameran dan bazar, termasuk dari organisasi wanita.

Tidak itu saja. Dukungan terhadap Rinjani 100 juga diwujudkan dengan meningkatkan kenyamanan para peserta sebelum, selama, dan setelah lomba. 

Hal tersebut di antaranya dengan perbaikan akses jalan sepanjang 300 meter hingga rest area, penyediaan 10 unit toilet portabel demi kenyamanan pengunjung. 

Rapat yang diikuti seluruh koordinator seksi tersebut juga memastikan keamanan seluruh peserta dengan melibatkan tak kurang dari 60 orang personil keamanan. 

Jumlah tersebut ditambah personil untuk keselamatan yang berasal dari Basarnas, Palang Merah Indonesia, Pramuka, TNGR, dan unsur lainnya.

Pada acara Rinjani 100 akan melombakan lima kategori, yaitu 162 km, 119 km, 75 km, 36 km, dan 27 km. Diharapkan semua pihak turus mensukseskan event bergensi tersebut.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments