Kasdim 1615/Lotim Lantik Anggota Baru 180 SWK Binaan Kodim - www.okenews.net

Minggu, 30 Oktober 2022

Kasdim 1615/Lotim Lantik Anggota Baru 180 SWK Binaan Kodim

suasana acara pelantikan SWK
Okenews.net - Sebanyak 180 orang siswa-siswi dari 28 sekolah setingkat Sekolah Menengah Umum atau SMA sederajat resmi dilantik Komandan Kodim 1615/Lotim Letnan Kolonel Inf Amin Muhammad Said, SH., yang diwakili Kasdim Mayor Inf Lalu Muhammad Syukur, S.Ag., sebagai anggota baru Saka Wira Kartika (SWK) binaan Kodim 1615/Lotim.

Acara pelantikan yang digelar pada Sabtu (29/10) kemarin, dihadiri oleh Andalan Peltu Purn Munawar, Wakil Binawasa Kwaran Masbagik Sumiati Sania dan para pembina dan pelatih Pramuka SWK.

Usai dilantik sebagai warga baru SWK, adik-adik Pramuka SWK langsung mendirikan tenda untuk berkemah disekitar lapangan tenis Makodim untuk diberikan pembinaan dan pendidikan dasar Pramuka.

"Alhamdulillah sebanyak 180 orang adik-adik Pramuka dari puluhan sekolah menengah umum atau sederajat sudah dilantik menjadi Pramuka SWK dan mereka akan diberikan pendidikan dan pelatihan secara bertahap dan berjenjang oleh para pembina mereka di Kodim," ungkap Kasdim usai pelantikan.

Dijelaskannya, kegiatan ini selain sebagai ajang silaturahmi bagi adik-adik Pramuka karena berbeda tempat sekolah, juga untuk membangun karakter generasi muda yang berwawasan kebangsaan dan berjiwa sosial yang bisa diandalkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Mereka ini nantinya yang akan menggantikan kita sebagai generasi penerus, sebagai pemimpin minimal membangun daerahnya sendiri," beber Lalu Muhammad Syukur.

Selain itu, Lalu Muhammad Syukur juga menjelaskan, adik-adik Pramuka SWK ini nantinya diharapkan akan menjadi contoh dan teladan di sekolah asal mereka dalam kegiatan-kegiatan yang bersifat positif.

Adapun rangkaian kegiatan Pramuka SWK usai dilantik sampai hari ini (Minggu,red), pada malamnya mereka melaksanakan kegiatan keagamaan dan siraman rohani, membuat api unggun, menerima materi Pramuka dasar, materi Wasbang, pentas seni, caraka malam dan renungan suci. Sedangkan pada hari Minggu selain senam pagi, mereka juga diberikan materi PBB, materi kepemimpinan dan acara penutupan.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments