Keren...! MAN 1 Lotim Borong Juara Presenter di UIN Bukit Tinggi Sumbar - www.okenews.net

Kamis, 27 Oktober 2022

Keren...! MAN 1 Lotim Borong Juara Presenter di UIN Bukit Tinggi Sumbar

Kepala MAN 1 Lotim M Nurul Wathoni (tengah) bersama para juara
Okenews.net - Aksi borong juara kembali dilakukan siswa MAN 1 Lotim. Kali ini pada lomba presenter jenjang SMA Tingkat Nasional yang digelar UIN Bukit Tinggi Sumatra Barat (Sumbar).

Ada 3 tim siswa MAN 1 Lotim berhasil merebut 3 juara yakni juara 1 Presenter Tk SMA diraih oleh Bq Deswita Karina Putri dengan tim videonya Yanabil Shakiwa.

"Juara 2 diraih oleh Nayla Sabruna  dengan tim videonya M Rifqi Habibi dan Juara Favorit berhasil diraih oleh Restu Ilahi Putri dengan tim videonya Muhammad Adam, ungkap Pembina Jurnalis MAN 1 Lotim Evi Pebriana, Kamis (27/10/2022).

Menurut Evi, pada lomba presenter ini Bq Deswita sebagai peraih juara 1 menyampaikan berita tentang dampak kenaikan harga BBM yang memiliki dampak pada menurunnya daya beli masyarakat dan juga naiknya beban pengeluaran masyarakat. Durasi waktu penyampaian berita sekitar 10 menit. 

Selanjutnya juara 2 atas nama Nayla Sabrina menyajikan berita tentang  ketimpangan sarana pendidikan antara lembaga pendidikan di pedesaan dan perkotaan. Sedangkan juara presenter favorit diraih oleh Restu Ilahi Putri menyajikan berita tentang kondisi sekolah dasar dan dampaknya bagi prestasi siswa. 

Kepala MAN 1 Lotim M Nurul Wathoni menyatakan bahwa kemampuan siswa yang terus diasah dengan bimbingan yang telaten dari para guru pembina telah menuai hasil yang baik.

Torehan prestasi yang diraih 3 siswa dari tim ektrakurikuler jurnalis MAN 1 Lotim ini menjadi bukti nyata. Kami sangat terharu karena dalam lomba bertarap nasional yang diikuti oleh hampir ratusan peserta dari berbagai sekolah terbaik di Indonesia.

Namun tim siswa MAN 1 Lotim justru meraih juara pada semua lomba yang disiapkan panitia yakni juara 1, juara 2 dan juara favorit. Hal ini sangat membanggakan bagi pihak madrasah.

"Melalui capaian ini, menjadi motivasi bagi kami dan para guru serta siswa untuk semakin fokus dan yakin bahwa semua ikhtiar maksimal pasti akan melahirkan prestasi dan keberkahan," ucapnya.

Kepada para juara, selain mendapatlkan hadiah uang pembinaan dari panitia, piala dan sertifikat juara, juga dari pihak madrasah telah menyiapkan reward berupa uang tunai melalui program tebus prestasi.

Sementara itu, torehan prestasi 3 siswa MAN 1 Lotim ini juga mendapatkan apresiasi dari pihak Kanwil Kemenag NTB yang disampaikan PLT Kanwil Kemenag NTB  yakni H Zamroni Aziz, MH.

Ia menyampaikan, prestasi 3 siswa MAN 1 Lotim ini menjadi bukti bahwa hari ini, anak madrasah sudah mampu mewarnai dinamika prestasi dalam berbagai bidang bahkan dalam bidang jurnalis.

"Anak madrasah justru prestasinya lebih dominan termasuk dalam bidang lainnya. Ini semua terjadi karena SDM guru madrasah dan juga siswa telah semakin meningkat seiring dengan program peningkatan SDM madrasah oleh kemenag," ucapnya.

Namun hal itu, tidak lepas dari komitmen warga madrasah dalam ikhtiar mewujudkan madrasah mandiri berprestasi. Termasuk ini di MAN 1 Lotim yang sudah cukup lama, sehingga prestasi demi prestasi seakan mengalir terus seakan tiada henti. 

"Ikhtiar dan semangat ini harus bisa ditiru oleh madrasah lainnya di NTB, karena mustahil mampu mewujudkan madrasah mandiri berprestssi kalau tidak ada program pembinaan prestasi yang terencana dan terukur," ungkap Zamroni.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments