Plaza Sopok Angen akan jadi Ikon Baru Kota Santri - www.okenews.net

Jumat, 10 Maret 2023

Plaza Sopok Angen akan jadi Ikon Baru Kota Santri

Kabid Cipta Karya dengan latar foto desain Plaza Sopok Angen
Okenews.net - Pemerintah akan melanjutkan pembangunan ruang terbuka publik di Pancor Kecamatan Selong Kabupaten Lombok Timur Provinsi NTB.

Lokasi yang dikenal dengan "Kota Santri" itu akan menjadi ikon baru yang bakal memperindah kawasan Kota Selong selaku pusat kabupaten.

"Plaza Sopok Angen ini akan dilanjutkan pembangunannya Rabu atau Kamis pekan depan," ujar Kabid Cipta Karya PUPR Lombok Timur Rozikin, Jumat (10/03/2023).

Rozikin menegaskan, plaza adalah alun-alun kota dan tempat yang luas. Kata plaza berasal dari bahasa Spanyol yang berkaitan erat dengan lapangan atau menggambarkan tempat terbuka untuk umum di daerah perkotaan yang ramai.

Adapun filosofi nama Sopok Angen menurut Rozikin, agar warga betul-betul membangun rasa persaudaraan yang kuat. Nama itu diambil dari bahasa Sasak.

Sopok itu artinya satu, angen artinya hati. Sehingga nama itu diyakini memiliki filosofi yang kuat untuk membangun suatu ikatan persaudaraan sesama masyarakat, khususnya warga Pancor.

Lebih lanjut ia menegaskan, sebelumnya pemerintah telah membangun sebagian dan sekarang dilanjutkan dengan desain yang berbeda dari awal dengan target 90 hari kerja sudah selesai.

Perubahan desain itu dilakukan agar memiliki manfaat lebih besar bagi masyarakat. Para pedagang yang biasa menjajakan dagangannya tetap bisa berjualan seperti semula kalau sudah jadi.

Baca Juga: RTP Pancor Bakal jadi Pesona Baru Kota Santri

Selain itu, masyarakat sekitar juga bisa memanfaatkannya sebagai tempat berkegiatan atau beracara, karena itulah desain awalnya diubah. "Ada manfaat yang lebih besar," sambungnya.

Dengan demikian, sejauh ini, menurut Rozikin pembangunan sudah tidak ada penolakan dari siapa pun. Apa lagi pedagang karena aspirasi masyarakat akan dipenuhi pemerintah.

"Jadi, sekarang ini pedagang tidak ada yang menolak. Hanya saja selama pengerjaannya proyek, pedagang yang jualan pagi sudah diarahkan ke badan jalan yang arah masjid at-Taqwa Pancor menuju sekarteja," ujarnya.

Sementara pedangan sore hari menyesuaikan dengan arahan dari pemerintah kelurahan. Sehingga diharapkan kepada para pedagang untuk mengindahkan arahan tersebut supaya tertib.

Sebagai ikon baru, Plaza Sopok Angen dapat dijadikan sebagai tempat santai atau refreshing bagi masyarakat untuk menikmati kebersamaan bersama keluarga. Warga disiapkan tempat duduk santai.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments