Kunjungi BRIN, MAN 1 Lotim Belajar Pengetahuan Kelautan - www.okenews.net

Kamis, 06 Juli 2023

Kunjungi BRIN, MAN 1 Lotim Belajar Pengetahuan Kelautan

Okenews.net - Siswa-siswi MAN 1 Lotim yang tergabung dalam ekskul Keilmuan, Jurnalistik, dan SC Biologi mengunjungi Kantor Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) di Kawasan Sains Kurnaen Sumadiharga, Lombok, Kamis (6/07/2023).

Kunjungan ini diadakan dalam rangka eksplorasi ide penelitian tentang laut, sebagai bagian dari upaya mereka untuk memperdalam pemahaman tentang ekosistem laut.

Kunjungan ini mendapat sambutan hangat dari salah satu peneliti terkemuka BRIN, Hendra Munandar.  Ia merupakan ahli yang memiliki pengalaman luas dalam penelitian kelautan, membagikan wawasan dan pengetahuannya kepada para siswa.

Menurutnya, menjaga keberlanjutan laut dan memperkenalkan kepada siswa pada berbagai topik penelitian yang menarik di bidang ini menjadi sangat penting.

Selama kunjungan, siswa-siswa diajak mengunjungi fasilitas penelitian di BRIN. Mereka melihat langsung laboratorium-laboratorium penelitian yang dilengkapi dengan peralatan canggih.

Selain itu, mereka diperkenalkan pada teknologi terkini yang digunakan untuk penelitian kelautan dan diperkenalkan penelitian-penelitian yang sedang dilakukan BRIN dalam upaya menjaga serta mengoptimalkan potensi laut.

Antusiasme siswa-siswa terlihat dari partisipasi aktif mereka dalam sesi tanya jawab dengan Bapak Hendra. Mereka mengajukan pertanyaan cerdas dan mendiskusikan ide-ide penelitian yang menarik.

Kunjungan ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk melihat secara langsung bagaimana penelitian dilakukan dan bagaimana mereka dapat terlibat dalam penelitian kelautan di masa depan.

Salah satu siswa, Nita menyatakan, "Kami merasa sangat bersyukur kepada kepala madrasah kami, yang telah memberikan kesempatan dan pendanaan untuk kegiatan ini. 

"Kunjungan ini memperluas wawasan kami tentang laut dan memberi kami inspirasi untuk menjelajahi ide-ide penelitian yang inovatif dan bermanfaat untuk keberlanjutan laut," Nita.

Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada kepala madrasah yang telah memberikan support sehingga kegiatan ini terlaksana dengan baik. 

Kepala MAN 1 Lotim, M. Nurul Wathoni merasa bangga dengan antusiasme dan dedikasi siswa-siswanya dalam menjalani kunjungan ini. Ia mengaku sangat senang melihat semangat siswa-siswa yang menggali pengetahuan tentang laut melalui kunjungan ke BRIN.

"Kami berharap kegiatan ini akan memotivasi mereka untuk terus mengembangkan minat mereka dalam penelitian dan menjaga keberlanjutan laut di masa depan," ujarnya.

Kunjungan siswa MAN 1 Lotim ke Kantor BRIN di Kawasan Sains Kurnaen Sumadiharga, Lombok, telah memberikan pengalaman berharga bagi para siswa dalam mempelajari dunia penelitian kelautan. 


Diharapkan, kunjungan ini akan memberikan inspirasi kepada siswa-siswa untuk terlibat dalam penelitian dan konservasi laut, serta mendorong mereka menjadi agen perubahan dalam menjaga keberlanjutan ekosistem laut yang penting bagi siswa.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments