KKN, Mahasiswa Unram Gelar Seminar Kewirausahaan Masyarakat Desa - www.okenews.net

Senin, 17 Juli 2023

KKN, Mahasiswa Unram Gelar Seminar Kewirausahaan Masyarakat Desa

Okenews.net - Kuliah kerja nyata (KKN) merupakan ajang pengabdian yang diberikan oleh mahasiswa kepada daerah yang baru berkembang khususnya dalam lingkup desa. Program KKN termasuk bagian dalam tri dharma perguruan tinggi diantaranya Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian.

Hadirnya program KKN memberikan tempat untuk Mahasiswa memberikan ide pemikiran serta partisipasinya dalam melaksanakan pengembangan dan pemberdayaan masyarakat desa.

Salah satu kelompok KKN PMD Unram 2023 menjalankan kegiatan KKN di Desa Lenek Ramban Biak menggelar seminar Kewirausahaan masyarakat pedesaan. 

Sesuai dengan tema yang diambil yakni Desa-Preneur, Kelompok KKN Lenek Ramban Biak mulai menjalankan program utamanya dengan menggelar Seminar Kewirusahaan.

"Tema yang diambil, “Mengembangkan Keterampilan Bisnis dan Pemasaran Guna Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa," ujar ketua KKN Muizul Fikri Romansyah, Senin (17/07/2023).

Tujuannya menumbuhkan motivasi masyarakat desa untuk berani berwirausaha dan meningkatkan pemasaran produk melalui digital. Seminar ini dihadiri oleh masyarakat desa yang sebagian besar adalah ibu-ibu PKK dan pemuda setempat.

Ia menegaskan, Desa Lenek Ramban Biak memiliki potensi sumber daya alam yang memadai. Mulai dari Mata Air Loang Gali, Wisata Kolam Renang Tirta Reban Bela.
Selain itu terdapat kolam ikan yang berlimpah serta hasil perkebunan seperti kelapa, pisang dan sebagainya.

Seharusnya, kata dia, desa ini bisa menjadi desa mandiri, karena memiliki potensi alam yang berlimpah, hanya saja butuh perencanaan dan pengelolaan yang baik. 

Karena itu, ia berharap melalui seminar kewirausahaan ini, ia harap masyarakat desa termotivasi untuk berwirausaha meskipun produk yang sederhana.

Setelah seminar ini akan dilanjutkan dengan pelatihan pembuatan produk Abon Ikan Nila dengan melibatkan masyarakat dalam rencana produk ini.

Selain dikenal dengan wisatanya, Desa Lenek Ramban Biak juga merupakan sentra produksi batu bata. Sekitar 90% masyarakatnya menjadi pengrajin batu bata.

Namun demikian, jumlah UMKM di Desa Lenek Ramban Biak terbilang masih sedikit. Hanya satu UMKM yang berjalan yaitu Produk Basreng (Bakso Goreng). Hal inilah menjadi perhatian kelompok KKN Unram untuk mengusung program Seminar Kewirausahaan. 

Seminar Kewirausahaan ini, menghadirkan narasumber Didik Firmansyah Yamin dari Asosiasi Pelaku Industri Kecil Menengah (APIKM) dan Lalu Hamdi, SH. dari Dinas Koperasi dan UMKM Lombok Timur.

Seminar Kewirausahaan ini juga bekerja sama dengan kelompok Kuliah Kerja Partisipatif (KKP) UIN Mataram yang melaksanakan pengabdiannya di desa yang sama.

Sementara itu, Kepala Desa Lenek Ramban Biak, Rumitang menyambut baik program-program yang dilaksanakan oleh Kelompok KKN UNRAM di Desa Ramban Biak. 

“Kami berterima kasih karena masih memilih desa kami untuk kegiatan KKN, melalui kegiatan KKN ini mahasiswa diharapkan mampu beradaptasi dan berpartisipasi dalam pengembangan desa," ujarnya.

Ia juga berharap kepada peserta KKN ampu mempraktekkan ilmu-ilmu yang didapatkan dibangku kuliah dan memberikan manfaatnya kepada masyarakat. 

Dalam seminar ini, ada tiga point penting yang dibahas. Yaitu, Seminar Kewirausahaan Khusus, Permodalan dan Pemasaran, serta Legalitas dan Pengajuan Label Halal. 

“Dengan adanya seminar Ini kami mengajak masyarakat untuk berani berwirausaha sesuai potensi lokal yang ada di Desa dan bisa menjadi peluang meningkatkan perekonomian masyarakat dan dapat berkelanjutan,” tutupnya Muiz Ketua KKN Unram

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments