Soal Gerakan Tanam, Menteri Pertanian Kunjungi Lombok Timur - www.okenews.net

Kamis, 14 September 2023

Soal Gerakan Tanam, Menteri Pertanian Kunjungi Lombok Timur

Okenews.net- Warga kelurahan Kelayu Jorong terlihat antusias menyambut kedatangan Menteri Pertanian Republik Indonesia Syahrul Yasin Limpo beserta rombongan terkait dengan gerakan tanam dan panen cabai, Kamis (14/09/2023).

Kedatangannya disambut hangat Wakil Bupati Lombok Timur H Rumaksi berharap kehadiran Mentan membawa keberkahan bagi masyarakat Lombok Timur, secara umum, dan petani khususnya.

Wakil Bupati selanjutnya mendampingi Mentan bersama warga memetik cabai menandai panen di wilayah tersebut.

Dari Kelurahan Kelayu Jorong rombongan bertolak ke desa Kerongkong yang juga merupakan lokasi panen. Menteri dalam sambutannya memuji para petani dan kesuburan tanah di daerah ini.

Ia mengakui hal itu setelah berkeliling dan menyaksikan panorama sekitar. Menurutnya beragam komoditas, tidak hanya cabai, dapat tumbuh dengan baik.

Karena itu Ia meminta masyarakat tetap mempertahankan dan melestarikan alam. Melihat kondisi alam itu pula ia mengingatkan banyak lapangan pekerjaan tersedia, khususnya di sektor pertanian,

“Pertanian adalah kekuatan bangsa, jago pertanian, kokoh bangsa Indonesia, termasuk di Lotim,” ungkapnya.

Berkat pertanian pula, ia menyebut selama tiga tahun terakhir inflasi Indonesia terendah di dunia, sebab pertanian tetap terjaga, termasuk sepanjang pandemic covid-19.

Ia bahkan menyebut petani sebagai pahlawan “Petani tidak pernah takut dengan covid-19, jadi petani itu adalah pahlawan bangsa,” ujarnya bangga.

Untuk itu Ia pun menyampaikan terima kasih yang tulus kepada para petani. Mentan juga mencatat potensi Lombok Timur dengan luas tanam 28 ribu hektar, dan musim tanam 2-3 dalam setahun, menghasilkan 300 ribu ton gabah setara 180 ribu ton beras.

Kondisi ini patut disyukuri sebab masyarakat tidak perlu khawatir soal pangan. Terlebih didukung kekompakan dan sinergi semua pihak.

Ia pun berharap masyarakat dapat memanfaatkan potensi yang ada, termasuk hasil produksi pertanian guna meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan.

Selain melakukan panen, Mentan bersama sejumlah undangan juga melakukan penanaman bibit cabai. Mentan dan rombongan juga menyimak pemaparan kelompok tani terkait analisis usaha pertanian cabai oleh petani, serta meninjau stand pameran hasil pertanian.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments