Tim MAN 1 Lotim Raih Juara Robotik Internasional di Malaysia, Kemenag NTB Berikan Reward - www.okenews.net

Senin, 06 November 2023

Tim MAN 1 Lotim Raih Juara Robotik Internasional di Malaysia, Kemenag NTB Berikan Reward

Kakanwil Kemenag NTB H Zamroni Azis mengerikan reward
Okenews.net - Tim Robotik MAN 1 Lotim yang digawangi dua siswa yakni Usmanul Febriansya XI IPS4 dan Nouval Arif Atallah XI IPA4 sukses meraih juara 3 lomba robotik internasional.

Lomba yang dilaksanakan UIPM bekerjasama dengan United Nations Ecosoc For SDG's Implementation yang bertempat di WP Hotel Selangor Malaysia yang berlangsung pada 2 sampai 4 Nopember 2023.

"Alhamdulillah, tim kami berhasil go internasional meskipun hanya meraih juara 3 namun patut kita syukuri dan terima kasih atas dukungan kepala madrasah dan semua pihak," ungkap M Rasid Hardi selaku pendamping siswa ke Malaysia, Senin (06/11/2023).

Rasyid menegaskan, pada lomba robotik ini, tim robotik MAN 1 Lotim mengikuti lomba robotik kategori Line Follower yang diberi nama Monelt Strixs yang telah dirancang sebelumnya oleh kedua siswa binaannya dan sukses tampil terbaik  di level internasional.

Atas torehan prestasi siswa ini, Kepala MAN 1 Lotim M Nurul Wathoni menyampaikan rasa syukur dan kebanggaanya bahwa prestasi siswanya sukses di level internasional dan membawa harum kementerian agama NTB, nama daerah dan MAN 1 Lotim ke kancah internasional. 

"Selama ini kita di MAN 1 Lotim selalu komit pada pengembangan minat bakat siswa baik akademik maupun non akademik dan terus kita ikhtiarkan secara terencana agar bisa sampai pada keikutsertaan siswa ke kompetisi bertaraf nasional dan internasional," ucapnya.

Patut disyukuri, kata Wathoni, tahun 2023 ini, siswa bisa lolos ikuti lomba ke Malaysia dengan pembiayaan penuh dari madrasah dan membangun kerjasama dengan pihak lainnya dalam ikhtiar agar siswa bisa berkompetisi ke event yang bergengsi.

"Termasuk untuk lomba robotik di Malaysia ini, alhamdulillah komponen robotnya kita dapat bantuan dari Kaprodi Fisika FMIPA UNRAM dan suport yang luar biasa dari pihak Kanwil Kemenag NTB, Kemenag Lotim dan keluarga besar MAN 1 Lotim," tutur Wathoni

Sementara itu, Kakanwil Kemenag NTB H Zamroni Aziz saat mengetahui hasil lomba anak madrasah ini langsung menyampaikan apresiasi dan menyiapkan reward bagi dua tim siswa robotik MAN 1 Lotim sebagai bentuk keberpihakan Kanwil Kemenag NTB pada prestasi gemilang yang diraih siswa MAN 1 Lotim yang diserahkan secara langsung  pada Senin 6 Nopember 2023.  

"Saya sangat bangga dengan semangat dan prestasi siswa madrasah yang sukses membawa nama harum NTB di event kompetisi bertaraf Internasional dan saya berharap prestasi ini bisa tetap dijaga, dirawat dan bisa terus dikembangkan," harapnya.

"Saya juga berharap madrasah lain di NTB bisa semakin optimal memacu diri untuk meningkatkan prestasi siswa tentu dengan komitmen dan terobosan-terobosan," ungkap Kakanwil Kemenag termuda di Indonesia itu.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments