Mahasiswa PMM UMM Bantu Branding UMKM Mina Mojorejo Sejahtera Desa Mojorejo - www.okenews.net

Selasa, 20 Februari 2024

Mahasiswa PMM UMM Bantu Branding UMKM Mina Mojorejo Sejahtera Desa Mojorejo

Mahasiswa PMM UMM kelompok 59 gelombang 4 melakukan kegiatan di Desa Mojorejo Kecamatan Junrejo Kota Batu tepatnya di UMKM desa yang bergerak di bidang perikanan yang diberi nama “Mina Mojorejo Sejahtera” yang dimana UMKM ini berdiri di tahun 2022 namun belum memiliki branding yang kuat seperti belum ada logo ataupun plang bentuk pengenal atau branding dari UMKM itu sendiri.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Selain itu, melalui PMM ini mahasiswa berkesempatan untuk belajar banyak hal yang berkaitan dengan masyarakat karena terjun langsung di lokasi.

Salah satu kegiatan yang menonjol yang dilakukan Mahasiswa PMM dengan dosen pembimbing dr.Muslikhati,S.E., M.E ialah dengan melakukan pembuatan Logo dan plang untuk meningkatkan branding dengan tujuan agar lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Kegiatan ini dilakukan oleh mahasiswa PMM yang terdiri dari Dwi Kurniawan Putra (koordinator),Rafi Wildan (Sekretaris), Nadia Hasna (Bendahara), Mohammad nasir ( Dokumentasi),dan Siti nur Kholifah (Humas) yang tergabung dalam PMM Kelompok 59 gelombang 4 UMM.

Di awal kedatangan PMM UMM kelompok 59 gelombang 4 di Mojorejo, Rujito selaku kepala desa Mojorejo menyambut dengan hangat. “Semoga dengan adanya program PMM ini dapat bermanfaat bagi masyarakat desa khususnya Desa Mojorejo,” harapnya.


Berangkat dari latar belakang UMKM dan harapan kepala desa. Akhirnya di tanggal 19 Februari 2024, logo dan plang berhasil dibuat dan dipasang. Tentu proses mencapai itu semua tidak spontan tercapai,di mulai dari hari pertama di desa dengan menanyakan kendala dan apa yang dibutuhkan saat ini oleh UMKM “Mina Mojorejo Sejahtera” yang relate dengan zaman sekarang.

Setelah mengetahui permasalahan dan apa yang dibutuhkan Mahasiswa PMM UMM melakukan diskusi bersama dan dikoreksi oleh Muslikhati selaku dosen pembimbing lapangan. Dari pdiskusi itu, mahasiswa PMM UMM melakukan pitching logo dan konsep di depan ketua dan anggota UMKM “Mina Mojorejo Sejahtera” yang akhirnya mendapatkan beberapa saran yang langsung di follow up sehingga Logo dan Konsep disetujui oleh ketua dan anggota UMKM tersebut.

Ketua UMKM Mina Mojorejo Sejahtera, Syamsul Arifin menyampaikan rasa terima kasihnya kepada mahasiswa PMM UMM atas Branding yang dilakukan untuk UMKM yang bergerak di bidang perikanan tersebut. “Saya mewakili temen-temen UMKM sangat berterima kasih kepada UMM dan terkhusus mahasiswa PMM kelompok 59,” ungkapnya.

Syamsul juga berharap apa yang mahasiswa berikan dapat bermanfaat bagi semua. “Semoga kami bisa mempelajari hal-hal yang udah mahasiswa sampaikan berkaitan dengan branding sehingga dikemudian hari kami mampu mengembangkannya secara mandiri,” harapnya.

Di akhir penutupan Mahasiswa PMM kelompok 59 Gelombang 4 memberikan sertifikat penghargaan kepada UMKM Mina Mojorejo Sejahtera atas dedikasi dan kontribusinya dalam pelaksanaan Pengabdian masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) yang berlangsung dari tanggal 19 Januari-19 Februari 2024.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments