Pelepasan KKN, Kades Semaya Terima Mahasiswa IAIH Pancor - www.okenews.net

Selasa, 20 Februari 2024

Pelepasan KKN, Kades Semaya Terima Mahasiswa IAIH Pancor

Okenews.net - Pemerintah Desa Semaya Kecamatan Sikur Lombok Timur, NTB menyambut kedatangan mahasiswa yang akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Institut Agama Islam Hamzanwadi (IAIH) Pancor, Senin (19/02/2024).

Kepala Desa (Kades) Semaya, Sulaeman menerima mahasiswa peserta KKN dan memberikan arahan terkait dengan kondisi sosial, pendidikan, dan budaya masyarakat Desa Semaya yang sampai saat ini masih perlu dioptimalkan.

Ia juga menegaskan pentingnya peran serta mahasiswa dalam membantu mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan mengingat masih banyak yang perlu ditingkatkan agar lebih baik kedepannya.

Ia berharap melalui kerja sama yang baik antara Pemerintah Desa dan mahasiswa KKN, akan tercipta sinergi yang positif dan berkelanjutan dalam upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Ia juga berharapkan mahasiswa dapat menjalankan tugas mereka dengan penuh tanggung jawab dan dedikasi, serta menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat setempat untuk mencapai tujuan bersama.

Sementara itu, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Hanapi, M.Si menyampaikan pentingnya peran mahasiswa dalam mendorong pembangunan dan kemajuan di tingkat desa yang berkelanjutan. 

Ia menekankan agar mahasiswa KKN agar aktif bersilaturrohmi dengan masyarakat setempat, mendengarkan aspirasi sebagai bahan merencanakan dan melaksanakan program-program KKN selama tiga bulan.

"Melalui KKN, mahasiswa memiliki kesempatan untuk mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang telah mereka peroleh di bangku perkuliahan untuk kepentingan nyata dalam masyarakat," terang Hanapi.

Selain itu, ia juga mengajak mahasiswa untuk berkomunikasi dengan Pemerintah Desa dan berkoordinasi bersama pihak terkait dalam pelaksanaan kegiatan KKN, guna memastikan kelancaran dan keberhasilan program yang akan dijalankan.

Dengan semangat dan komitmen yang tinggi, Hanapi yang juga Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Lombok Timur itu yakin 14 mahasiswa KKN di Desa Semaya ini akan mampu memberikan kontribusi yang signifikan bagi masyarakat. 

"Langkah ini menjadi penting bagi mahasiswa dalam pengembangan diri sebagai calon pemimpin masa depan yang bertanggung jawab dan peduli terhadap kepentingan masyarakat," papar Hanapi 

Ia juga mengingatkan mahasiswa KKN untuk menjaga reputasi almamater. Oleh karena itu, diharapkan mereka dapat menjadi contoh dalam berperilaku, bertanggung jawab, dan mengedepankan nilai-nilai kebaikan.


Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments