Mahasiswa Pasca Universitas Hamzanwadi Diminta Maksimalkan Pemberdayaan - www.okenews.net | selalu oke di hati | All rights reserved

Breaking

Halaman

Rabu, 09 Juni 2021

Mahasiswa Pasca Universitas Hamzanwadi Diminta Maksimalkan Pemberdayaan

Okenews - Program Pascasarjana Universitas Hamzanwadi melepas mahasiswanya yang mengiikuti Kuliah Kerja Lapangan (KKL) di sejumlah desa/kelurahan di Kabupaten Lombok Timur Provinsi NTB.



Acara serah terima peserta dilaksanakan serentak di beberapa desa/kelurahan di Kabupaten Lombok Timur berlangsung Rabu (09/06/2021. Salah satunya di Kelurahan Denggen Kecamatan Selong Kabupaten Lombok Timur. 


Penyerahan Mahasiswa KKL Bina Desa/Kelurahan yang dilaksananakan di Denggen diserahkan langsung oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Dr. Habibuddin, M.Pd dan diterima langsung Lurah Denggen Parjono, S.Sos.


Dalam sambutannya, Habibuddin berpesan kepada semua peserta KKL agar mampu membaur dan berkontribusi positif dalam membantu pemerintah kelurahan dalam upaya mendorong kesadaraan masyarakat yang terfokus dalam tiga bidang utama.


"Tiga bidang itu yakni pendidikan, kesehatan, dan sanitasi lingkungan, sehingga terwujud masyarakat yang sehat jasmani dan rohaninya," ujar doktor jebolan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) itu. 


Selain itu, ia berharap mahasiswa yang mengikuti KKL dapat menuntaskan semua program yang dirancang dengan baik dan bermanfaat bagi masyarakat. Ia melihat potensi masyarakat di Kelurahan Denggen cukup banyak yang bisa dikembangkan. 


"Mahasiswa harus peka terhadap persoalan masyarakat dan harus hadir memberikan kontribusi positif manakala ada persoalan yang membutuhkan campur tangan kita dengan memberdayakan masyarakat dan melalui potensi lokal yang dimiliki," ulasnya.


Ketua Kelompok KKL Nayum, S.Pd mengaku Program KKL Bina Desa/Kelurahan ini sangat membantu mahasiswa dalam meningkatkan wawasan, pengetahuan, dan pengalaman mahasiswa dalam program pengelolaan pendidikan.


Selain pendidikan, kata Nayum, juga kesehatan dan lingkungan yang disinergikan dengan kebutuhan desa/kelurahan terutama pendampingan terkait pentingnya edukasi pada ketiga bidang tersebut.


Lurah Denggen Parjono menyampaikan ucapan terima kasih atas terpilihnya kelurahan Denggen sebagai salah satu lokus KKL. Ia berharap sinergi kelurahan, mahasiswa, dan masyarakat dapat terwujud maksimal secara berkelanjutan.