Komisi III Sarankan Pemkab Lombok Tengah Matangkan Perencanaan - www.okenews.net

Rabu, 02 Februari 2022

Komisi III Sarankan Pemkab Lombok Tengah Matangkan Perencanaan

Ketua Komisi III DPRD Loteng Andi Mardan

Okenews.net - DPRD Lombok Tengah sarankan pemerintah kabupaten membuat perencanaan yang matang untuk pengerjaan sekitar 80 kilometer proyek jalan yang sudah dirancang.

Perencanaan yang matang ini penting untuk dilakukan agar kedepan tidak ada lagi permasalahan dihadapi dalam menyelesaikan proyek.

Ketua Komisi III DPRD Lombok Tengah Andi Mardan mengaku tidak mau melihat rezim Pathul-Nursiah kembali gagal dalam hal perencanaan berbagai pembangunan di Lombok Tengah. 

Karena itu, perencanaan yang matang harus dilakukan dalam berbagai pembangunan. "Termasuk proyek jalan yang menelan anggaran cukup banyak ini," katanya, Rabu (02/02/2022).

Menurutnya, perencanaan yang matang juga harus dieksekusi dengan pekerjaan yang baik. Politisi Demokrat ini berpesan, pemerintah jangan terlalu banyak euforia dihadapan masyarakat.

"Penting dilihat pengerjaan ruas jalan 80 kilometer ini agar berasaskan kemanfaatan dan teroteri yang berkeadilan," ujarnya.

Jangan sampai, pemerintah hanya mengerjakan muka jalan saja, lalu meninggalkan tengah dan ujungnya. 

Misalnya, ruas jalan panjangnya 5 kilometer yang harus dikerjakan, ternyata sangat banyak jalan yang baru dikerjakan pada awalnya saja dan tidak tuntas keseluruhan.

Melalui paket lengkap, diharapkan bisa lebih baik. Karena itu ia berharap pemerintah mencanangkan seluruh jalan yang sudah dihotmix sebelumnya untuk dituntaskan.

Karena dana yang digunakan dari utang, maka penting juga untuk dilakukan pemerataan. Jangan sampai pihak ketiga yang mengerjakan jalan tersebut malah meninggalkan pekerjaan sebelum tuntas akibat dari perencanaan yang buruk.

Pihaknya selaku legislatif mengaku, akan tetap mengawal proyek tersebut. Mulai dari proses tender hingga pengerjaan harus dengan konsep yang matang.

Kedepan, jika ada rekanan yang tidak menyelesaikan pengerjaan sesuai dengan waktu yang diberikan, maka pemerintah harus memberikan tindakan tegas.

Hal ini kata dia, sangat penting agar berbagai program yang sudah dicanangkan mendapat hasil yang maksimal. Pemerintah juga harus mempertimbangkan keberadaan dari kontraktor lokal.

Andi Mardan juga yakin, kontraktor lokal sangat mampu mengerjakan berbagai proyek yang ada. Karena SDM Lombok Tengah juga sudah relatif maju. 


Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments