Prodi Matematika Universitas Hamzanwadi Gelar PkM di Loteng - www.okenews.net

Senin, 14 Februari 2022

Prodi Matematika Universitas Hamzanwadi Gelar PkM di Loteng


Okenews.net
- Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika Universitas Hamzanwadi melaksanakan pengabdian kepada masyarakat (PkM) di pondok pesantren Nurul Ikhlas  Mujur Praya Timur Lombok Tengah. 

Koordinator Prodi Pendidikan Matematika Dr. Sri Supiyati mengatakan, pengabdian ini merupakan bagian dari pelaksanaan tridarma perguruan tinggi, selain mengajar dan riset. 

"Prodi pendidikan matematika mengabdi sebagai agen perubahan. Tema ini kita angkat seiring paradigma pendidikan yang terus berkembang," ungkap Supiyati, Senin (14/02/2022). 

Program ini melibatkan dosen prodi dan 40 mahasiswa dengan durasi dua pekan (13-28 Februari 2022) dengan tujuan memberikan suport dan edukasi bagi sumberdaya madrasah dan masyarakat sekitar ponpes. 

Ia menyebutkan, beberapa kegiatan yang sudah disiapkan, seperti Pendampingan SDM guru oleh dosen terkait kurikulum, khususnya pembelajaran dan riset matematika yang diadaptasikan dengan literasi dan numerasi Sasak. 

"Tim juga melakukan pembinaan olimpiade dan ektrakurikuler bagi santi dengan dibimbing oleh mahasiswa. Sembari mahasiswa juga bisa belajar bersama sebagai pengalaman sebelum mereka menjadi alumni," terang doktor jebolan UNY itu. 

Program lain yang sudah disiapkan berupa pembinaan masyarakat sesuai potensi lokal. Melakukan penghijauan bersama masyarakat juga menjadi bagian terpenting mengingat saat ini masih musim hujan. 

"Semua potensi kita mau garap dengan melibatkan masyarakat. Namun sayangnya keterbatasan daya dukung dan lainnya sehingga tim mengadatasikan diri  sesuai daya jangkau," ujarnya. 

Selain itu, guna mendukung program NTB Gemilang dengan zero waste, pihaknya juga melakukan pembinaan pengolahan sampah dan pembuatan biopori untuk masyarakat sehingga tidak terjadi genangan di lingkungan. 

"Semoga pengabdian ini membawa manfaat dan berkah bagi semua. Kegiatan ini selain pengabdian juga menjadi ajang silaturrohmi. Mendekatkan kampus dengan masyarakat, selain momen PPL, KKN dan sejenis," paparnya. 

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments