Tim Gabungan Gelar Seleksi Paskibraka Lotim 2022 - www.okenews.net

Senin, 14 Februari 2022

Tim Gabungan Gelar Seleksi Paskibraka Lotim 2022


Okenews.net
- Tim gabungan dari Kodim 1615/Lotim, Polres Lotim dan Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lombok Timur menggelar seleksi calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dari seluruh SMA dan SMK. 

Masing-masing sekolah akan mengirim beberapa perwakilannya untuk mengikuti seleksi ditempat yang sudah ditentukan oleh pantia seleksi Paskibraka 2022.

Menurut personel Kodim 1615/Lotim selaku tim gabungan Peltu Sugeng Widodo, Senin (14/2/2022) menyebutkan, seleksi Paskibraka ini dibagi menjadi 2 tahapan yaitu seleksi tingkat sekolah dan seleksi tingkat kabupaten. 

Seleksi tingkat sekolah akan dilakukan selama dua hari sampai dengan besok (Selasa,red) dan dibagi menjadi 4 tim dengan materi postur baik tinggi badan, berat badan, face dan penampilan dan diakhiri dengan parade.

Setelah mereka dinyatakan lulus tingkat sekolah, maka mereka akan mengikuti seleksi tingkat kabupaten dengan materi parade, kesehatan dan kesegaran jasmani, tes tulis pengetahuan umum dan wawancara, psikologi dan pantukhir.

“Sesuai dengan rencana akan diambil sebanyak 40 orang terdiri dari 20 siswa dan 20 siswi, itu sudah termasuk yang akan ikut seleksi ditingkat provinsi maupun pusat,” beber Sugeng.

“Jadi sebanyak 40 orang siswa-siswi ini akan menjalani latihan mulai dari Juli mendatang dan sekitar tanggal 8 Agustus sudah masuk asrama untuk latihan pemantapan yang fokus pada pengibaran bendera Upacara HUT Kemerdekaan RI,” imbuhnya.

Terpisah, Komandan Kodim 1615/Lotim Letnan Kolonel Inf Amin Muhammad Said, SH., di Makodim mengatakan dari jauh hari Paskibraka memang harus disiapkan terutama seleksi para calon dari seluruh sekolah SMA sederajat.

Seleksi ini akan dilihat dari postur dan penampilan yang menarik termasuk fisik yang prima sehingga pada saat melakukan tugas sebagai pengibar bendera pada Upacara HUT Kemerdekaan tidak terjadi kesalahan.

Amin juga meminta agar pihak sekolah menyodorkan siswa-siswinya yang sudah diseleksi oleh sekolah yang siap mental dan fisik untuk dibina oleh tim gabungan dari Kodim, Polres, Dinas terkait termasuk dari PPI (Purna Paskibraka Indonesia) Kabupaten Lombok Timur.

Dengan demikian, lanjutnya, akan terbentuk postur Paskibraka Kabupaten Lombok Timur yang siap tampil prima pada Upacara HUT Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus mendatang.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments