Perkuat Syiar, Ketua GP Anshor NTB Bagikan Ribuan Toa - www.okenews.net

Minggu, 13 Maret 2022

Perkuat Syiar, Ketua GP Anshor NTB Bagikan Ribuan Toa


Okenews.net
- Guna memperkuat syiar Islam, lebih-lebih memasuki bulan Ramadhan yang tinggal beberapa hari lagi Gerakan Pemuda (GP) Anshor NTB mendistribusikan ribuan toa kepada takmir masjid se-Pulau Lombok. 

Penyerahan yang berlangsung di Kantor GP Anshor NTB dilakukan Ketua Anshor NTB H Zamroni Aziz, MH secara simbolik, Ahad 13 Maret 2022. 

Ia menyebutkan, pembagian toa ini bukan saja untuk meneguhkan semangat syiar Islam tapi menjawab berbagai tudingan sekelompok orang yang menganggap bahwa SE Menag nomor 5 tahun 2022 melarang azan.

Padahal dalam edaran itu mengatur tentang volume suara agar lebih indah dan menciptakan harmonisasi di tengah masyarakat Indonesia yang plural. 

"Ini niatan yang baik, perlu didukung semua pihak agar kehidupan kita sebagai bangsa lebih harmonis, toleran. Jadi tidak benar ada larangan penggunaan TOA untuk syiar Islam," papar Zamroni.

Ia berharap umat Islam tidak mudah terprovokasi apalagi termakan informasi hoax. Edaran Kemenag itu harus dibaca secara utuh sehingga bisa pahami dengan tuntas. 

"Kami juga mengajak semua elemen masyarakat untuk tetap semangat dan istiqomah dalam menjalankan ajaran agama secara baik, termasuk menghidupkan kegiatan syiar Islam di masjid," ucapnya. 

Sekali lagi kata Zamroni, surat edaran itu dapat dimaknai sebagai cara pengurus masjid agar dapat memperhatikan kualitas sound system di masjid supaya bisa menghasilkan suara azan yang merdu dan indah didengar. 

"Inikan banyak suara toa masjid yang kedengarannya tidak jelas. Pengaturan volumenya sembarangan sehingga yang kedengaran tidak jelas," sambungnya. 

Apalagi sambung Zamroni, di Lombok khususnya, penggunaan pengeras suara di masjid juga selalu dipakai untuk menyampaikan berita duka dan lainnya sehingga menjadi penting kualitas suara toa masjid. 

"Jadi pengaturan volume dengan sangat penting, supaya informasi menjadi jelas dan terang," ungkap Zamroni. 

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments