Sekda Targetkan Rehab Rekonstruksi Dampak Bencana Banjir Selesai Akhir Desember - www.okenews.net

Sabtu, 12 November 2022

Sekda Targetkan Rehab Rekonstruksi Dampak Bencana Banjir Selesai Akhir Desember

Sekda bersama warga Desa Pringgasela
Okenews.net - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lombok Timur mulai melakukan rehab dan rekontruksi (Rekon) dampak banjir pada 24 Oktober 2022 lalu yang merusak sejumlah fasilitas umum dan infrastruktur jalan. 

Rehab rekontruksi ditandai dengan pemasangan komponen fisik jembatan di Desa Pringgasela Timur oleh Sekretaris Daerah Lombok Timur HM. Juaini Taofik didampingi Kalak BPBD, Lalu Muliadi, Sabtu (12/11/2022). 

Setelah pemasangan salah satu komponen utama jembatan, petugas BPBD dan masyarakat setempat bergotong royong membersihkan ruas jalan untuk memulai proses pembangunan jembatan. 

"Meski pemerintah yang kerjakan, tapi keterlibatan masyarakat penting dalam proses rehab rekon ini. Karena itu sebelumnya kita sosialiasi, bertemu dengan para tokoh masyarakat untuk mendengar keinginan mereka," ungkapnya.

"Dan ternyata hari ini masyarakat antausias, ratusan masyarakat hadir gotong royong untuk memulai pengerjaan jembatan," sambungnya.

Dia mengakui tidak semua keinginan warga bisa dipenuhi karna banyaknya fasilitas umum yang rusak akibat cuaca ekstrem. 

Namun demikian, Sekda menegaskan, pemda melalui BPBD berkomitmen untuk lebih cepat mengatasi persaoalan yang dialami termasuk pengerjaan jembatan ini. 

"Intinya, harapan kita 3 T yaitu tepat kualitas sesuai gambar, kedua tepat waktu, paling lambat 31 Desember dan tepat sasaran," tegasnya. 

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Lombok Timur Lalu Muliadi mengatakan dari hasil asesmen yang yang dilakukan pekan lalu jumlah kerugian akibat dampak bencana itu senilai Rp1, 6 miliar. 

Anggaran ini diperuntukkan untuk membangun sejumlah infrastruktur jalan dan jembatan yang rusak akibat luapan air.

Hasil asesmen, lokasinya ada di 12 titik di tiga kecamatan. Dua jembatan diantaranya dibangun baru karena ambrol. 

"Rehab rekon itu di antaranya jembatan di Desa Pringgasela Timur, jembatan Peresak di Desa Lendang Belo Kecamatan Montong Gading, jembatan Lingkung Tete Batu Selatan dan jembatan Marang Kotaraja," papar Muliadi. 

Selain itu, rehab rekon sejumlah ruas jalan di sejumlah titik seperti perbaikan tanggul dan penalutan sungai di desa Loyok, Otak Kokok Joben Desa Pesanggrahan dan Desa Bagek Payung. Kemudian pemasangan bronjong dan pengerukan atau sedimentasi. 

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments