Jelang Hari Donor Darah Sedunia, RSUD Soedjono Selong Gelar Donor Massal - www.okenews.net

Senin, 05 Juni 2023

Jelang Hari Donor Darah Sedunia, RSUD Soedjono Selong Gelar Donor Massal

Okenews.net - Jelang peringatan Hari Donor Darah sedunia, Pemerintah Lombok Timur bekerjasama dengan Rumah Sakit RS Soedjono Selong menggelar acara donor darah massal yang bertujuan untuk menunjang Milenium Development Goals (MDGs)

"Acara donor darah massal ini merupakan kegiatan rutin yang terus dilaksanakan setiap tahunnya dari beberapa tahun terakhir ini," ungkap Direktur Rumah Sakit RS, Raden Soedjono Selong HM Hasbi Santoso, Senin (05/06/2023)

Hasbi mengatakan kegiatan donor darah ini merupakan cara antisipasi jika di rumah sakit dan PMI terjadi pengurangan stok darah. Ia menyebut tak jarang pihak rumah sakit sesekali meminta bantuan ke PMI Lombok Timur guna memenuhi permintaan dari pasien.

"Kita di rumah sakit terus menjalin kerjasama yang baik antara PMI dan rumah sakit, jika terjadi kekurangan stok darah, maka pihak rumah sakit dengan segera menghubungi kantor PMI untuk suplay kebutuhan tersebut," sambungya.

Menurutnya, kegiatan yang telah berlangsung beberapa tahun ini telah membantu para pasien yang darurat yang membutuhkan donor dengan segera.

Ia menegaskan, kegitan donor darah ini memiliki dampak positif yang luar biasa bagi pihak kesehatan terutama bagi pasien yang membutuhkan donor tersebut. 

Secara pribadi Hasbi mengucapkan rasa terima kasih yang tidak terhingga kepada para donatur dan para pendonor yang telah sukarela mendonorkan darahnya untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.

"Saya atasnama pribadi, atas nama rumah sakit dan tenaga kesehatan mengucapkan beribu terima kasih yang tidak terhingga kepada para pendonor, saya berharap apa yang telah disumbangkan bisa bermanfaat bagi masyarakat yang membuthkan," tutupnya.

Bupati Lombok Timur Sukiman Azmi yang turut berpartisipasi untuk mengikuti acara tersebut juga mengucapkan apresiasinya atas kegiatan yang dilakukan rumah sakit.

Ia berharap kegiatan positif tersebut bisa bermanfaat bagi masyarakat. "Saya atasnama Bupati juga mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada para pendonor yang telah sukarela memnyumbangkan darahnya untuk kehidupan sesama," ungkapnya

Pemerintah Daerah akan melanjutkan kegiatan tersebut pada bulan Juni mendatang dengan cara memprogramkan dalam kurun waktu satu bulan 21 Kecamatan di Lombok Timur harus melaksanakan kegiatan donor darah di Kecamatan masing-masing.

Selain itu, juga akan dipusatkan di RSUD dr. Soedjono Selong, sehingga menjadi 22 lokasi tetap tempat pendonoran darah. Ia berharap langkah tersebut dapat menjadi solusi dalam memfasilitasi kekurangan darah di Rumah Sakit, karena setetes darah adalah kehidupan.

Mengingat Setiap hari, puluhan orang membutuhkan transfusi darah untuk menyelamatkan hidup mereka dalam situasi darurat medis, kecelakaan, atau perawatan. Donor darah yang memastikan pasokan darah yang aman dan mencukupi untuk memenuhi kebutuhan medis.

Kegiatan tersebut merupakan sebagai upaya untuk menunjang Milenium Development Goals (MDGs) yang salah satunya adalah menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI),  peserta berasal dari perwakilan OPD se-Lombok Timur, anggota Koramil Lombok Timur, dan anggota Polres Lombok Timur dengan target 400 kantong darah.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments