Kabag Ekonomi Berharap Satu Desa Satu Produk Unggulan - OKENEWS.NET | PT Bintang Mediaoke Pratama. All rights reserved

Breaking

Halaman

Rabu, 01 Juli 2020

Kabag Ekonomi Berharap Satu Desa Satu Produk Unggulan

OkeNew.net - Kepala Bagian (Kabag) Ekonomi Setda Kabupaten Lombok Timur, Muhammad Sapoan mengatakan, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Lombok Timur tersebar di 254 desa/kelurahan banyak yang sudah berjalan dan berkembang.
Kabag Ekonomi, Muhammad Sapoan

Dengan banyaknya UMKM yang tersebar, ia berharap setiap desa mempunyai produk-produk unggulan dan khas yang bisa dipasarkan, seperti di Sakra ada produksi tembrodok dan Desa Loyok kerajian dan lainnya.

Diakui, kondisi UMKM dan perekonomian masyarakat di Lombok Timur hampir merata, hal itu disebabkan berbagai faktor. "Salah satunya kekurangan modal, maka langkah yang kita ambil memfasilitasinya melalui KUR (Kredit Usaha Rakyat) dan memberikan paket-paket kredit," ujar Sapoan di kantornya, Rabu (01/06/2020).

Dijelaskan saat ini persaingan usaha cukup berat, apalagi ditengah pandemi yang mengakibatkan banyak produk-produk lokal yang sulit bersaing di pasaran, mulai dari kalah desain maupun kualitas.

"Dalam situasi pandemi produk lokal sulit sekali di pasarkan," imbuhnya. Untuk itu kedepan ia berharap sistem pemasaran harus dikemas baik dan dikembangkan melalui sistem pasar online.

Untuk meningkatkan daya saing produk UMKM di pasaran ia berjanji akan meningkatkan kualitas melalui pelatihan dan bantuan alat agar produknya semakin baik dan meningkat.

#Jurnalis: SAMSUL MUJAHIDIN | Editor: AM. ALIYA