Upacara Hari Pahlawan, Bupati Lotim Sampaikan Amanat Mensos - www.okenews.net

Rabu, 10 November 2021

Upacara Hari Pahlawan, Bupati Lotim Sampaikan Amanat Mensos

Okenews.net - Pemerintah Kabupaten Lombok Timur menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan 10 November 2021 di Halaman Kantor Bupati. 


Bupati Lombok Timur HM Sukiman Azmy bertindak sebagai pembina upacara membacakan amanat dari Menteri Sosial Tri Rismaharini.


Dalam sambutan tersebut, bupati mengajak semua elemen mayarakat untuk saling bahu membahu dalam membangun dan memperjuangkan kemajuan negeri. 


Ia juga menyampaikan betapa pedihnya perjuangan para pahlawan yang telah mendahuli dan meninggal di medan pejuangan.


Oleh karena itu ia menghimbau agar semua elemen masyarakat mampu mengisi kemerdekaan dengan baik agar cita-cita pahlawan dapat terwujud.


Menjaga semangat gotong royong, serta persatuan dan kesatuan NKRI. Dengan seloka Bhineka Tunggal Ika, berbeda beda namun tetap satu jua.


Ia yakin, kalau dengan semangat kebersamaan akan bisa mewujudkan cita cita para pahlawan. "Bangsa kita bukan bangsa yang lemah, menerima kemerdekaan sebagai hadiah penjajah." urainya.


Pertempuran 10 November 1945 di Suarabaya yang di peringati sebagai Hari Pahlawan harus bisa dijadikan contoh dengan satu tekat gigih berjuang pantang menyerah.


Berkat perjuangan para pahlawan yang sangat luar biasa, melawan hantaman dan bombardir dari musuh dengan hanya melawan menggunakan bambu runcing dengan berbalut semboyan "Merdeka atau Mati".


Saat ini, perjuangan yang masih dilakukan bangsa ini adalah berjauang melawan kemiskinan dan kebodohan. Padahal Indonesia mempunyai sumber daya alam yang melimpah serta letak geografis yang strategis.


Bupati juga menghimbau agar semua elemen bangsa bisa berkontribusi kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia sesuai profesi masing-masing.


Kepada masyarakat penerima bansos, ia berharap semua bisa keluar dari kemiskinan dan mengupayakannya melalui program pendidikan advokasi atau menciptakan peluang yang sesuai minat dan bakat.


Menurutnya, setiap orang bisa menjadi pahlawan, baik dalam konteks keluarga atau komunitasnya. Ia yakin tidak ada kata tidak bisa selagi ada kemauan. 


Teruslah menjadi anak Indonesia yang memahami kesepakatan bersama Pancasila, Bhineka, NKRI dan Undang Undang Dasar 1945," 


"Kobarkan semangat. Semoga tekat dan keyakinan para pahlwan bisa dijadikan sebagai insfirasi dalam setiap langkah kehidupan kita," tutupnya.


Usai upacara peringatan Hari Pahlawan, Bupati Sukiman menyerahkan bantuan perahu secara simbolis kepada masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan dan sebagai transportasi anak sekolah.


Ada 4 perahu yang diserahkan, dua untuk masyarakat Sambelia untuk sarana transportasi ke gili-gili di sekitar Kecamatan Sambelia. Dua lagi untuk mengangkut anak sekolah di Gili Belek Kecamatan Keruak.


Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments